Dinsos DKI Jakarta Berbagi Strategi Penanganan PMKS dengan DPRD Provinsi Riau

Kunjungan perwakilan dari DPRD Provinsi Riau ke Dinas Sosial DKI Jakarta, Selasa 3/10 (dok. KM) Kunjungan perwakilan dari DPRD Provinsi Riau ke Dinas Sosial DKI Jakarta, Selasa 3/10 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Dinas Sosial DKI Jakarta menerima kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Selasa 3/10. Kunjungan itu dalam rangka bertukar informasi terkait permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau, Aherson mengemukakan, permasalahan di Provinsi Riau memang tidak sebanyak permasalahan di DKI Jakarta. “Maka dari itu, kami perlu belajar dengan DKI Jakarta, karena memiliki permasalahan yang lebih besar. Kami ingin observasi, diskusi dan sharing informasi,” tandas Aherson saat membuka kunjungan tersebut pagi ini.

Aherson melanjutkan, pihaknya ingin mencari tahu bagaimana DKI Jakarta sebagai ibukota negara menyelesaikan permasalahan itu. Pihaknya juga ingin mendapat masukan, agar Provinsi Riau dapat lebih baik.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir menyampaikan, daya tarik Jakarta sangat luar biasa bagi warga daerah. Ini membuat mereka berbondong-bondong datang ke Jakarta.

“Bagi mereka yang memiliki keterampilan yang di butuhkan, mungkin bisa sukses di Jakarta. Tapi bagi mereka yang tidak punya keterampilan, akan menjadi PMKS jalanan,” ungkap Chaidir.

PMKS jalanan itu akan dijangkau oleh Petugas Pelayanan Pengawasan Pengendalian Sosial (P3S) yang ada di lima wilayah kota. Karena petugas itu melakukan pengawasan siang dan malam, di titik rawan PMKS jalanan.

Bagi PMKS yang terkena penjangkauan jalanan, katanya, akan dibawa ke panti, sebagai pemberhentian sementara untuk dilakukan asesmen sebelum dibawa ke panti rujukan.

“Di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya, PMKS jalanan itu akan didata dan di asesmen. Jika memiliki keluarga akan dikembalikan, tapi jika tidak akan dibawa ke panti rujukan sesuai ketegori PMKS,” terang Chaidir.

Saat ini Dinas Sosial DKI Jakarta memiliki 22 panti, sesuai kategori PMKS. Ada kategori anak, remaja, lansia, disabilitas, hingga wanita tuna susila.

Reporter: Is
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*