Presiden: “Aset-aset Keraton Nusantara Harus bisa Berikan Kesejahteraan bagi Seluruh Masyarakat”

​Presiden Joko Widodo Rabu 20/9 memberikan sambutan di hadapan para sultan, raja, pangeran, permaisuri, serta pemangku adat keraton yang mengikuti Festival Keraton Nusantara di Kota Cirebon. Menurut Presiden, Indonesia adalah negara dengan jejak sejarah peradaban yang “besar dan gemilang”. 

“Sejarah mencatat kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Samudra Pasai, Demak, Mataram, Maluku, dan lain-lain. Semuanya mewariskan kepada kita bukan hanya nilai adiluhung, tetapi juga cipta dan karya seni budaya, naskah-naskah kuno, benda-benda pusaka, dan juga aset-aset budaya lainnya yang tidak ternilai harganya,” kata Jokowi kemarin.

Presiden juga menambahkan, “Saya berharap agar aset-aset budaya itu dijaga dan dirawat dengan baik, jangan sampai kita justru ke luar negeri untuk mengapresiasi karya-karya adiluhung itu.”

Selain itu Presiden Joko Widodo menilai banyak negara yang sektor pariwisatanya berkembang pesat hanya dengan mengangkat kekayaan tradisinya, narasi atau cerita yang menarik tentang daerah itu. “Padahal, peninggalan kita jauh lebih bagus. Masalahnya karena kita kurang merawatnya, kurang bagus cara mengemasnya. Aset-aset Keraton Nusantara seharusnya bisa memberikan kesejahteraan bukan hanya bagi para sultan tetapi juga bagi masyarakat di sekitar keraton, dari Sabang sampai Merauke,” tutupnya.

Reporter: GM/RED
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*