LP Nusakambangan Siap Eksekusi 40 Terpidana Mati

Kondisi penjjagaan ketat di LP Nusakambangan (stock)
Kondisi penjjagaan ketat di LP Nusakambangan (stock)

JAKARTA (KM) – Tahun 2015-2016 lalu, Pemerintah Indonesia telah mengeksekusi terpidana mati sebanyak 18 orang dalam kasus narkoba secara bertahap. Kini, masih ada 40 orang terpidana mati yang telah berada di Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah, dari berbagai kasus yang siap dieksekusi mati.

Pelaksana Tugas Dirjen Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ma’mun menyampaikan, beberapa bulan yang lalu, dari 40 terpidana mati, sebagian sudah berada di Lapas Nusakambangan.

“Sebanyak 40 orang terpidana mati kini telah berada di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sebagian telah tiba secara bertahap sejak beberapa bulan lalu. Adapun kasus dari 40 terpidana mati diantaranya terpidana kasus narkoba, pembunuhan berencana dan ada juga terorisme,” ungkapnya saat dikonfirmasi via telepon Rabu 13/9.

Ma’mun menambahkan, untuk pengeksekusian belum bisa memastikan karena masih dalam tahap proses dan belum memiliki kekuatan hukum yang tetap. “Kami tidak mengetahui kapan waktu eksekusi mati terhadap 40 narapidana tersebut, hanya memastikan terpidana mati tersebut belum seluruhnya memiliki kekuatan hukum tetap, beberapa masih dalam proses pengajuan kasasi, grasi dan pengajuan peninjauan kembali. Belum ada informasi dari kejaksaan [soal eksekusi mati], kami bertanggung jawab secara fisik saja, dan kalaupun kejaksaan ada program, kita ikuti saja,” pungkasnya.

Reporter: GM/RED
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*