Ketua Pansus Angket Minta KPK Penuhi Panggilan Pansus dan Hentikan Polemik di Media

Politisi Partai Golkar Agun Gunandjar (dok. KM)
Politisi Partai Golkar Agun Gunandjar (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Pansus Hak Angket DPR terhadap KPK kembali menegaskan tentang “4 Aspek” dalam penyelidikan pansus terhadap tugas dan kewenangan KPK, yakni aspek oelembagaan, kewenangan, tata kelola SDM dan tata kelola anggaran.

Pimpinan Pansus Agun Gunadjar memaparkan, “penyelidikan tata kelola SDM termasuk perilaku semua unsur aparatur KPK, mulai dari pimpinan, penyelidik, penyidik, penuntut umum, wadah pegawai, hingga semua pihak SDM terkait.”

“Apakah dikelola dgn baik dan benar sesuai UU KPK dan UU di bidang kepegawaian lainnya? Bagaimana dengan perilaku manusia-manusianya, apakah patuh pada UU dan etik di dalamnya,” ucap Agun kepada KupasMerdeka.com melalui WhatsApp, Jumat 22/9.

Menurut Agun, menelusuri aspek ini “sangat penting” karena “terkait dengan integritas, moralitas dan kompetensi profesinya”.

“Jadi tidak benar kalau dikatakan pansus mengada-ada atas adanya sejumlah temuan yang terkait dengan unsur pimpinan,” lanjut politisi Golkar itu.

Agun menegaskan, disinilah pentingnya KPK untuk hadir di Pansus DPR, “guna mengklarifikasi dan menguji kebenaran temuan temuan tersebut.”

“Sehingga tidak selalu berpolemik di media, datang saja, kita duduk bersama dengan saling menghargai dan menghormati tugas dan wewenang kita masing-masing,” pungkas politisi Golkar itu.

“Demikian juga halnya dengan sejumlah lelang yang saat saat ini gencar dilakukan oleh KPK. Pertanyaannya, sudah sesuai kah prosedurnya atas sejumlah peraturan perundangan yang mendasari dan mengaturnya?”

“Sudah benarkah aspek legal atas barang-barang tersebut, jangan sampai ada dugaan barang haram dari aspek hukumnya, benarkah besaran nilai harga tersebut? Apakah sudah melalui tim penilai/penaksir, dan apakah pihak Rupbasan terlibat di dalamnya yang wajib hukumnya semua barang rampasan tersebut didaftar untuk pencatatan di Rupbasan setempat,” lanjut Agun.

Dan masih ada sejumlah temuan lain yang terkait dengan aspek penyelidikan pansus lainnya di bidang kelembagaan, kewenangan, tata kelola SDM dan anggaran.

“Pansus menghimbau untuk segera hentikan polemik di media yang sangat tidak mendidik dan mencerahkan itu.
Untuk sebuah kebenaran, keadilan dan tegaknya hukum, mari bicara di pansus untuk KPK yang lebih kuat,yang benar, dan semoga jujur dan berani,” tandas Agun.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*