Disdukcapil Bogor Jemput Bola Pembuatan Akte Kelahiran di Desa Tanjungsari Cijeruk

Warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, mengurus akte kelahiran (dok. KM)
Warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk, mengurus akte kelahiran (dok. KM)

BOGOR (KM) – Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, terutama dalam hal pembuatan akte kelahiran, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungsari, Kecamatan Cijeruk bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor menggelar pembuatan akte kelahiran masal kemarin, Senin 18/9.

Kepala Desa Tanjungsari, Suryadi menuturkan, pihaknya sangat gembira melihat animo warga dalam pembuatan akte kelahiran itu. “Alhamdulillah, antusias warga sanggat tinggi dan merasa senang. Mereka datang berbondong-bondong ke kantor desa untuk mendapatkan surat akte kelahiran,” kata Kades.

Sementara untuk biaya pembuatan akte kelahiran gratis, kecuali bagi warga yang usianya di atas 40 hari maka dikenakan denda sebesar 50 ribu, dan hasil uang tersebut, nantinya akan masuk ke kas negara.

Masih kata Suryadi, program tersebut memang sudah diagendakan pihak desa sejak jauh-jauh hari.

“Jadwalnya sudah lama, tapi pelaksanaannya baru bisa dilaksanakan dalam dua hari ini, di Kantor Desa Tanjungsari,” tambah kades.

Sementara itu, Nisa, salah seorang warga Desa Tanjungsari menjelaskan, ia merasa terbantu dengan adanya program akte masal tersebut. Apalagi kata dia, warga kesulitan dalam hal mengurus administrasi kependudukan terutama akte kelahiran.

“Saya atas nama warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa maupun Pemkab Bogor yang telah menyelenggarakan program akte kelahiran secara masal di desa ini. Dan kami selaku warga sanggat terbantu, pemerintah desa bisa mendatangkan langsung petugas Disdukcapil. Jadi warga tidak usah jauh-jauh datang ke Cibinong untuk mengurus akte kelahiran lagi,” tutup dia.

Reporter: M. Egy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*