Sambut HUT Kemerdekaan, PGRI Sukaraja “Ngeliwet” Bareng

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Dalam rangka mensyukuri Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72, jajaran PGRI dan UPT Pendidikan Kecamatan Sukaraja serta kepala desa dan staf Desa Gunung Geulis makan bersama sambil ngeliwet, yang bukan sekedar hanya makan, tapi keseruan dalam kebersamaan saat makan itu sendiri.

Ketua PGRI Sukaraja Yadi Haryadi mengatakan, saat ngeliwet tersebut semua guru PAUD hingga SMA sama-sama berdoa agar para pahlawan dan pejuang mendapatkan “kemuliaan”, dan sebagai penerus dari negara dan bangsa ini, guru-guru selalu mensyukuri nikmatnya.

“Karena tanpa pengorbanan pahlawan kita tidak bisa seperti ini, inilah cara puji syukur kita, khususnya semua guru dalam menyambut hari kemerdekaan yaitu ngeliwet dengan panjang 17 meter, dengan menghabiskan 27 liter beras,” ungkapnya kepada KM.

Acara ngeliwet tersebut diikuti puluhan guru di gedung sekolah SDN Gunung Geulis 1 dan 2, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Yadi menambahkan, ngeliwet sudah jadi tradisi setiap tahun dalam memperingati hari kemerdekaan.

“Ngeliwet ini adalah budaya dari nenek moyang Jawa Barat ya jadi kita wajib melestarikannya, ngeliwet ini terlihat sepele tapi kelihatannya masih umum berbeda dengan orang kebanyakan yang makannya di restoran. Ngeliwet ini adalah suatu naluri budaya dari nenek moyang kita yang ada di Jawa Barat ini,” jelasnya.

“Acara ngeliwet ini dibuat agar guru guru dapat menjaga kelestarian budaya dari nenek moyang Jawa Barat dan juga agar para guru dapat bersatu, berkumpul, dan menjalin silaturahmi lebih erat lagi,” tutupnya.

Reporter: Bule
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: