Hassan Rouhani Menang Telak di Pilpres Iran

Presiden Republik Islam Iran, Hassan Rouhani (dok. abna.ir)
Presiden Republik Islam Iran, Hassan Rouhani (dok. abna.ir)

(KM) – Usai memenangi pemilihan presiden ke-12 Republik Islam Iran yang digelar kemarin 19/5 dengan telak, Presiden Iran petahana Hassan Rouhani menerima ucapan selamat dari Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Suriah Bashar Al-Assad, serta kepala bidang kebijakan luar negeri Uni Eropa Frederica Mogherini. Sang petahana itu memenangi Pilpres yang digelar langsung dengan meraih 57,13% dari total 41.220.131 suara yang terkumpul dalam pesta demokrasi Iran kemarin, mengalahkan tiga capres lainnya, sehingga pilpres tersebut hanya berlangsung satu putaran.

Hassan Rouhani mengalahkan saingan utamanya, Sayyid Ebrahim Raeisi, yang meraih 38.5% dari total suara, untuk memperpanjang masa kepemimpinannya selama empat tahun.

Gelaran pesta demokrasi tahun ini mendapat pujian dari pemimpin tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Sayyid Ali Khamenei, atas angka partisipasi tahun ini yang “masif dan hebat”. Dilaporkan bahwa panjangnya barisan masyarakat yang hendak memberikan suara mereka dalam Pilpres tahun ini di beberapa daerah menyebabkan waktu pemungutan suara kemarin diperpanjang selama beberapa jam. Lebih dari 41 juta pemilih turut menyumbangkan hak suara mereka dari total 56 juta pemilih terdaftar, mencatat angka partisipasi sebesar 73%.

Advertisement

“Partisipasi rakyat Iran yang masif dan antusias merupakan indikator jelas bagi kekuatan pilar-pilar demokrasi Islam,” terang Ayatollah Khamenei, seperti dilansir oleh kanal berita Iran Press TV.

“Pemenang dari pemilihan umum kemarin adalah kalian, rakyat Iran, dan kelembagaan Islam, yang berhasil meraih kepercayaan yang bertambah dari bangsa besar ini, walaupun menghadapi rencana dan upaya musuh,” kata pemimpin spiritual negara itu hari ini 20/5.

Reporter: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*