Proyek Pembangunan PLTS di Lampung, Uang Pemprov Hampir 400 Juta “Raib”

Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)
Koordinator Investigasi LSM Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman (dok. KM)

LAMPUNG (KM) – Program Pengembangan dan Pemanfaatan Listrik Pedesaan Provinsi Lampung pada tahun 2016 menjadi sorotan lembaga pengamat kebijakan publik CBA (Center for Budget Analysis).

Dijelasakan Jajang Nurjaman selaku Koordinator Investigasi CBA melalui siaran pers, Selasa (18/04/3017) menjelaskan, pada tahun 2016 Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Lampung memiliki program Pengembangan dan Pemanfaatan listrik perdesaan. Demi suksesnya program tersebut dijalankan proyek Pembangunan PLTS Terpusat 50 KW di kampung Gedung Meneng Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulang Bawang.

Lanjut Jajang, untuk proyek yang ditargetkan rampung dalam lima bulan itu, yakni antara 22 Juni sampai dengan 24 Oktober Pemprov Lampung menyiapkan anggaran sebesar Rp. 7.265.768.000.

Adapun, masih lata Jajang, perusahaan yang beruntung menjalankan proyek miliaran tersebut adalah PT. Uniteknindo Inti Sarana yang beralamat di JL. Dr. Saharjo No. 111 Ged. Gajah Blok An Tebet – Jakarta Selatan DKI Jakarta. Pemprov Lampung membayar Perusahaan asal Ibukota tersebut sebesar Rp. 6.910.209.000.

Advertisement

“Center for Budget Analysis menilai angka yang dihabiskan PT. Uniteknindo Inti Sarana terlalu mahal jika membandingkan harga yang ditawarkan PT. Amas Citra Mandiri senilai Rp. 6.511.907.400. Terdapat selisih yang sangat jauh sebenarnya. Namun aneh Pemprov Lampung lebih memilih perusahaan dengan tawaran tertinggi,” kata Jajang.

Karena hal tersebut, tambah Jajang mengungkapkan, uang sebesar Rp. 753.860.600, yang seharusnya kembali ke kas daerah Pemprov Lampung, menguap begitu saja.

“Berdasarkan data di atas, Center for Budget Analysis mendorong pihak berwenang seperti Kepolisian dan Kejaksaan tinggi Pemprov lampung untuk segera menindaklanjuti temuan tersebut.” tegas Jajang.

* Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*