Zumi Zola Galakkan Desa TUNTAS dengan “Balek Dusun Bangun Desa”

Gubernur Jambi, Zumi Zola, di acara
Gubernur Jambi, Zumi Zola, di acara "Balek Dusun Bangun Desa" di Kabupaten Kerinci, Senin 17/4 (dok. KM)

JAMBI (KM) – Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya memperkuat pembangunan dari desa, memperkuat pembangunan dari bawah, dengan memadukan bercocok tanam, memelihara ikan, beternak, menanam kopi, wisata desa, dan kegiatan keagamaan. Hal ini disampaikannya pada acara “Balek Dusun Bangun Desa” di Desa Pendung Talang Genting (Pentagen) Kecamatan Danau Kerinci Kabupaten Kerinci, Senin (17/04) Sore.

Zola menjelaskan, acara Balek Dusun Bangun Desa ini adalah bagian dari program Desa TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera). “Kita ingin memperkuat pembangunan dari tingkat desa, dengan melihat potensi desa yang ada yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jambi,” katanya.

Gubernur Zola menyampaikan, kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, memberikan kesempatan untuk masyarakat di tingkat desa agar lebih maju lagi. Dana yang telah diberikan pemerintah dalam bentuk dana desa dan anggaran dasar desa yang telah dipercayakan kepada kepala desa, untuk digunakan demi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat memiliki peran sangat penting untuk memonitor dana yang telah diberikan kepada desa, apakah dana yang diberikan benar-benar digunakan bagi kesejahteraan masyarakat. Saya berpesan kepada kepala desa agar dana ini digunakan untuk memajukan desa,” kata Zola.

Zola mengatakan, acara Balek Dusun Bangun Desa ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat yang tinggal didesa dan perlu adanya bimbingan dari bupati untuk memberitahu peran dan fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bagi masyarakat desa.

“Potensi yang dimiliki Kerinci ini ada pada sektor pertanian dan pariwisata, contoh dari sektor pertanian  adalah kayu manis yang memiliki kualitas terbaik didunia, begitu pula dengan kualitas teh Kayu Aro dan Beras Payo Kerinci,” ungkap Zola.

Gubernur Zola mengharapkan agar Badan Urusan Logistik (Bulog) dapat menampung hasil panen dari masyarakat dengan harga yang stabil, karena selama ini masyarakat bingung untuk menyalurkan hasil panen yang berlimpah dan harganya rendah.

Advertisement

Lebih lanjut, Gubernur Zola menjelaskan, potensi dari sektor wisata ada di Kerinci sudah dikenal oleh masyarakat luas, seperti Gunung Kerinci, Danau Kerinci dan Danau Kaco yang bisa dikembangkan lebih baik lagi.

“Kita bisa lihat bersama sama pemandangan alam desa ini sangat menarik, tapi itu tidak cukup untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata, harus ada fasilitas pendukung lainnya seperti bisa dibangun flying fox dan tempat outbond,” kata Zola

Bupati Kerinci, Adirozal, menyampaikan, acara Balek Dusun Bangun Desa merupakan bagian dari Desa TUNTAS. “Direncanakan akan dibangun sebuah sinergi di desa, dimana akan ada peternakan, sawah, kebun kopi, kolam ikan, dan menjadikannya sebagai desa wisata,” jelasnya.

“Desa ini dalam setiap kelompok masyarakatnya mempunyai tahfiz  Al-Qur’an, setiap sore rutin diadakan pengajian dan anak muda di sini, semua bisa membaca Al-Qur’an bahkan menjadi hafiz Qur’an dan selalu mengirimkan anak mudanya untuk mewakili Kabupaten Kerinci dalam mengikuti Majelis Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi,” ujar Adirozal.

Sebelumnya, Gubernur Zola bersama Bupati Kerinci melakukan penanaman padi di lokasi luas tambah tanam padi jajar legowo, melepaskan benih ikan yang merupakan bantuan langsung kepada masyarakat, dan melakukan penanaman perdana jagung komposit di lahan perluasan areal tanam baru yang merupakan wilayah dari Desa Pentagen.

Pada kesempatan ini, Gubernur Zola melantik Patriot Desa TUNTAS sebagai penggerak BUMDes provinsi dan melakukan launching Beras Kayo Kincai sebagai Beras Keluarga Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jambi memberikan bantuan alat pertanian kepada KBupati Kerinci berupa mesin pertanian pra panen dan sarana produksi untuk budidaya padi, jagung dan kedelai.

Reporter: deny
Editor: budi/HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: