Warga Desa Bendungan Berhasil Ubah Irigasi Menjadi Tambak Ikan

Ilustrasi tambak di desa (dok. Aktual.com)
Ilustrasi tambak di desa (dok. Aktual.com)

BOGOR (KM) – Warga Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan Barayan telah berhasil mengubah saluran irigasi yang selama ini diabaikan dan selalu dipenuhi sampah, menjadi lahan produktif berupa tambak ikan.

“Jadi warga masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan Barayan yang berjumlah 30 orang telah berhasil mengubah lahan saluran irigasi. Dan masing-masing anggota mendapat satu tambak,” jelas Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan Barayan Ciawi, Irwan Satiri kepada kupasmerdeka.com, Minggu (19/02/2017).

Lanjut Irwan, upaya ini behasil menciptakan penghasilan tambahan bagi anggotanya, yang memberdayakan lahan saluran irigasi yang terpakai sepanjang 500 meter persegi dengan lebar 2,5 meter persegi.

Advertisement

“Kami bergotong royong dalam pemeliharaan dan penjagaan sehingga ikan selalu aman dan bila panen dapat diangkat sesuai jadwal,” katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengairan Wilayah Ciawi, Eka Sukarna saat dikonfirmasi via telepon genggamnya mengatakan, pihaknya sangat aspresiasi dan memberikan penilaian yang positif terhadap warga masyarakat yang telah memanfaatkan saluran irigasi menjadi lahan produktif untuk perikanan.

“Bila semua saluran irigasi dapat dimanfaatkan seperti ini, tentunya akan sama-sama di untungkan. Karena saluran irigasi bisa terawat dan terbebas dari sampah,” tuturnya. (dedi/pend)

 

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: