Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor, dari Cagar Alam Menjadi Objek Wisata

Kolam air panas di Taman Wisata Alam Gunung Pancar (stock)
Kolam air panas di Taman Wisata Alam Gunung Pancar (stock)

BOGOR (KM) – Terlihat keindahan wisata alam yang cukup eksotik di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut.

“Bila wisatawan ingin mengunjungi tempat ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga,” jelas staff Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat, Endang kepada kupasmerdeka.com, Sabtu (18/02/2017).

Kata dia, wilayah Gunung Pancar termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah naungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam. Tapi sejak 1994 dengan tujuan ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT Wana Wisata Indah diberi hak pengelolaan pariwisata alam di kawasan TWA Gunung Pancar.

Advertisement

“Jadi tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata berbeda dengan cagar alam yang membutuhkan simaksi untuk masuk kedalamnya,” jelas Endang.

Lanjut dia, di tempat ini juga ada pemandian air panas, makam keramat dan dapat menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola masyarakat sekitar.

“Dan tarif memasuki tempat wisata ini tidak mahal, cukup merogoh kantong Rp 2000 perorang untuk wisatawan lokal. Bila pengunjung membawa mobil dikenakan biaya Rp 1500 dan motor Rp 1000,” jelasnya. (dedi/pend)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*