Kepsek SDN Barengkok 2 Selewengkan Dana BSM, Orangtua Murid dan LSM Geruduk Sekolah

Puluhan orangtua siswa SDN Barengkok 2, Jasinga, menuntut penyaluran Dana BSM, Senin 13/2 (dok. KM)
Puluhan orangtua siswa SDN Barengkok 2, Jasinga, menuntut penyaluran Dana BSM, Senin 13/2 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Geruduk Kantor Kepala Sekolah SD Negeri Barengkok 02, Desa Barengkok, Kecamatan Jasinga, sejumlah orang tua murid penerima hak manfaat dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) mempertanyakan dan menuntut pencairan dana tersebut yang belum dicairkan oleh pihak sekolah sejak November 2016, Senin (13/2).

Dana BSM Sekolah Dasar yang seharusnya disalurkan pada bulan November dan Desember 2016 bagi sebanyak 38 siswa penerima hak manfaat dengan total uang Rp 13.275.000 justru dengan sengaja dipakai oleh oknum Kepala Sekolah SD Barengkok 02 dengan alasan untuk biaya operasional sekolah.

“Ya, saya mengaku bersalah dan khilaf telah memakai uang tersebut, dikarenakan untuk menutupi biaya operasional kegiatan sekolah, tapi saya bertanggung jawab dan hari ini saya sudah persiapkan uang tersebut dan akan saya bagikan ke si penerima hak manfaat yang terdaftar,” ujar NZ di hadapan orangtua murid yang didampingi aktivis¬† LSM GMBI KSM Jasinga.

Advertisement

Sementara itu, Ketua LSM GMBI KSM Jasinga, Kusnadi, mengatakan kepada awak media Kupas Merdeka, LSM GMBI KSM Jasinga hadir medampingi sejumlah orangtua murid atas dasar pelaporan mereka yang mempertanyakan kenapa dana BSM tersebut tidak kunjung dibagikan, sedangkan di sekolah lain sudah dibagikan pada bulan November dan Desember lalu.

“Ini adalah kelanjutan [dari pertemuan] hari Sabtu kemarin, kami mempunyai data-data si penerima hak manfaat dan setelah diinvestigasi memang benar uang tersebut sudah dicairkan dari bank penyalur, tapi dipakai oleh oknum Kepala Sekolah,” jelas Kusnadi.

“Hari ini, kami mendampingi orangtua murid memastikan uang tersebut dibagikan sesuai nominal yang berhak diterima. BSM adalah untuk siswa yang orangtuanya tidak mampu tapi ingin anak nya mendapatkan hak dasar mendapatkan pendidikan,” tegas Kusnadi.

Setelah menyampaikan permohonan maaf, Kepsek SD Barengkok 02, membagikan dana BSM tersebut kepada orangtua murid yang terdaftar di data penerima manfaat. (Dian Pribadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: