Kepsek SDN 03 Cicadas Dituding Pungli Dana BSM

SDN Cicadas 3, Ciampea, Kab. Bogor (Dok. KM)
SDN Cicadas 3, Ciampea, Kab. Bogor (Dok. KM)

BOGOR (KM) – Pembagian dana BSM (bantuan siswa miskin) SDN 03 Cicadas, Desa Cicadas Kecamatan Ciampea mengecewakan para wali murid. Pasalnya, nilai uang yang disalurkan tersebut dipotong dan tidak sesuai dengan nilai yang seharusnya diterima oleh orangtua siswa yang kurang mampu.

Seperti yang diungkapkan wali murid penerima BSM yang tidak mau disebut namanya, 46 murid sekolah tersebut menerima uang senilai Rp 225.000, yang dinilainya menyalahi aturan yang ditetapkan.

“Karena selain pihak sekolah dengan dalih administrasi uang tersebut dipotong Rp 25.000, selanjutnya para murid hanya dibagikan tas, sepatu, baju seragam. Apabila telah memiliki semua murid tersebut menerima buku tulis saja,” terangnya kepada KM, Jumat 17/2 kemarin.

Sementara itu, ketua komite sekolah H. Aneng mengatakan bahwa memang seperti itu pembagiannya. “Bahkan cucu saya juga sama dan kalau bapak sebagai wartawan mau naikkan beritanya, silahkan saja,” ujarnya, membela keputusan pihak sekolah itu.

Ketika Kupas Merdeka hendak meminta klarifikasi pada Kepala Sekolah, kepsek Ikah tidak berada di tempat dan diterima oleh Abdul Latif, salah seorang guru di sekolah tersebut yang dengan nada marah mengatakan, “Wartawan kalau mau masuk ke sekolah ini harus ada surat tugas dari kepala UPT.”

Ia mengklaim juga bahwa pembagian BSM telah disepakati oleh wali murid.

Namun, klaim Abdul Latif dibantah oleh pihak UPT Pendidikan Ciampea, yang menjelaskan bahwa “pembagian dana BSM adalah uang, bukan berupa barang, karena belum ada aturannya,” terang Napin, Kabag TU di UPT Pendidikan Ciampea. Ia pun menyesalkan tindakan kepsek tersebut dan berjanji akan membinanya. (Ade leo)

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Kadisdik Bogor: “BSM Sudah Diganti KIP, Pencairan Langsung ke Rekening Penerima” – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*