Tekan Kriminalitas, Bapas Garut Gelar Latih Keterampilan Warga Binaan

Balai Pemasyarakatan Garut (stock)
Balai Pemasyarakatan Garut (stock)

GARUT (KM) – Untuk menekan tindak kriminal yang semakin tinggi, Balai Pemasyarakatan (Bapas) kabupaten Garut mengembangkan berbagai kegiatan pelatihan keterampilan untuk memberdayakan warga binaannya yang merupakan mantan pesakitan dari lapas Garut.

“Kami mencoba untuk mengembangkan keterampilan desain grafis, hidroponik, kemudian program lanjutan budidaya lele dan belajar mengemudi, tetapi untuk program setir mobil ini masih terkendala dalam aspek penunjangnya, sehingga kami mencoba meminta bantuan terhadap pemkab Garut untuk mendukung program pemberdayaan bagi ratusan warga binaan kabupaten Garut khususnya,” ujar Kepala Bapas Garut, Lilis Yuaningsih, Minggu (15/01/2017).

Menurut Lilis, dengan diadakannya berbagai program pelatihan keterampilan, pelatihan tersebut untuk mengurangi resiko para warga binaan supaya saat kembali ke lingkungan masyarakat dan tidak melakukan tindak kejahatan atau tindak kriminalitas kembali.

“Kami memahami atas kondisi keuangan Pemkab Garut saat ini yang tengah mengalami kesulitan sehingga tidak mudah untuk mengeluarkan anggaran bantuan bagi pemberdayaan ekonomi warga binaan yang diajukan melalui proposal terhadap bupati Garut, sehingga kami mencari alternatif lain yaitu dengan melakukan kerjasama dengan dinas-dinas terkait di lingkungan pemkab Garut,” tandasnya. (yu/gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*