Menperin: “Sepatu Buatan Ciomas Berpotensi Kalahkan Sepatu Impor”

Usaha pembuatan sepatu di sentra industri sepatu Ciomas, Kabupaten Bogor (KM STOCK)
Usaha pembuatan sepatu di sentra industri sepatu Ciomas, Kabupaten Bogor (KM STOCK)

BOGOR (KM) – Sepatu impor  yang tiba di Indonesia diprediksi oleh Menteri Perindustrian dapat dikalahkan oleh sepatu buatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

“Dari segi kapasitas, industri sepatu Indonesia menduduki nomor empat di dunia. Sehingga industri sepatu di Ciomas menjadi pusat perhatian pemerintah,” ungkap Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto, saat menyambangi sentra produksi industri kecil menengah (IKM) yang memproduksi alas kaki di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Selasa (03/01/2017).

Lanjut dia, rata-rata nilai investasi yang ditanamkan untuk menjalankan usaha IKM alas kaki di dalam negeri sebesar Rp 37 juta. Sementara untuk menghasilkan produknya diperlukan bahan baku utama yang rata-rata senilai Rp 6,5 juta dalam satu bulan.

Advertisement

“Sehingga IKM alas kaki mampu menyerap cukup banyak tenaga kerja dengan karakteristik jumlah pekerja di setiap unit usaha sekitar 1 sampai 19 orang,” katanya.

Airlangga meminta, agar IKM alas kaki di Ciomas, Bogor, dapat terus meningkatkan kualitas produksinya, baik dari segi bahan baku, hingga desain yang mengikuti tren terbaru.

“Desain itu penting. Jadi, sepatu yang diproduksi bisa mengikuti tren masa kini, sehingga semakin diminati konsumen,” pungkasnya. (pend/ded)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: