Bupati Bogor Lantik Tim Saber Pungli

Bupati Bogor Nurhayanti salami tim Saber Pungli Kabupaten Bogor usai pelantikan, Senin 9/1 (dok. KM)
Bupati Bogor Nurhayanti salami tim Saber Pungli Kabupaten Bogor usai pelantikan, Senin 9/1 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Kebijakan Presiden Joko Widodo agar semua daerah di Indonesia menindak oknum-oknum nakal yang mencari keuntungan di luar aturan dan prosedur, membuat Pemerintah Kabupaten Bogor turut mengukuhkan Tim Saber Pungli beberapa waktu lalu di Gedung Serbaguna Sekretaris Daerah Bogor, Cibinong.

Bupati Bogor Nurhayanti usai melantik Tim Saber Pungli mengatakan, “Saber Pungli diharapkan bisa menjadi mata kedua pemerintah dalam menindak dan melakukan pengawasan terhadap [pungutan liar] yang di luar aturan.”

“Kami akan selalu melakukan pengawasan ke semua lini, termasuk melakukan sosialisasi. Ke depannya, pemerintah akan mengupayakan dengan membentuk [sistem] pengaduan masyarakat hingga ke tingkat akar rumput,” lanjutnya.

“Rencana kita akan buat kotak pengaduan hingga sampai ke pemerintah desa,” tambah Bupati.

Hal ini di sambut baik oleh aktivis Forum Mahasiswa Bogor (FMB), Janwar. “Dengan adanya Tim Saber Pungli, saya harapkan benar-benar bisa sebagai fungsinya dan menjalankan dengan baik. Jangan sampai setelah adanya Tim Saber Pungli masih ada pungli dalam kerjanya, lemah pengawasan, dan saya meminta setiap dinas mengirimkan maklumat ke setiap bawahannya dan tindak tegas yang berani melakukan pungli,” ujarnya kepada KM, Selasa 10/1.

Pria yang sering disapa Cawang ini menambahkan, pihaknya akan terus mengawasi dan mengawal setiap yang ada di pemerintah, termasuk pelayanan publik yang merugikan dan kurang maksimal.

Advertisement

Cawang menilai, yang paling penting, Saber Pungli itu jangan sampai tukcing (dibentuk cicing). “Sehingga kedepannya masyarakat bisa lebih mudah dan percaya baik untuk kemajuan pemerintah kita yang bersih,” katanya.

Terkait Tim Saber Pungli, Ketua DPRD kabupaten Bogor Ade Ruhandi menerangkan bahwa tim tersebut akan bergerak di semua lini aspek pelayanan publik, “dan tentunya DPRD yang memiliki fungsi pengawasan akan membantu sesuai tugas dan fungsinya.”

“Kita tentunya mendukung kebijakan dan pengukuhan Saber Pungli, apalagi ini adalah kebijakan presiden Joko Widodo, maka untuk mereformasi pelayanan saya kira kita dukung sepenuhnya,” kata Jaro Ade.

Hal senada diutarakan Kapolres Bogor  AKBP Andi M. Dicky, yang juga merupakan anggota tim Saber Pungli. “Sebagai alat keamanan negara dan menjadi bagian dari Saber Pungli tentu kami akan mendorong dan menjalankan SOP dalam penindakan baik nantinya masuk ranah pidana ataukah tidak,” ujar Andi.

“Kita tentu berupaya menjakankan sesuai dengan tugas, Maka secara penuh kita akan berupaya menjalankan amanat ini dengan baik,” tutupnya. (KM)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: