Jelang Tahun Baru, Jalur Puncak Diperkirakan Macet Parah

Kemacetan di jalan menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor (dok. KM)
Kemacetan di jalan menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Diprediksi pada hari ini, Sabtu (31/12/2016) kawasan wisata Puncak Cisarua Kabupaten Bogor  akan mengalami macet parah. Pasalnya, ada 2 gelombang arus kendaraan di kawasan ini, yakni arus pelancong yang mulai berdatangan dan juga jalur ini sebagai jalur alternatif utama dari dan menuju Bandung.

“Dari pintu gerbang Tol Ciawi, sejak pagi hingga pukul 12.00 WIB kemarin, sudah masuk 10.065 unit kendaraan dari Puncak ke arah Jakarta. Jumlah itu jauh dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai 4.000 unit kendaraan.. Tadi shift II (hingga pukul 22.00 WIB) ke arah Jakarta 14.960 unit. Ke arah Puncak 8.824 unit. Jumlah ini akan terus meningkat,” kata Kepala Shift Gerbang Tol Ciawi Alamsyah kepada kupasmerdeka.com, Sabtu (31/12/2016).

Lanjut dia,  kepadatan yang kian parah di kawasan Puncak adalah imbas perbaikan jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi.

“Jadi 3 jalur yang melintasi Kabupaten Bogor yakni Puncak, Jonggol, dan Ciawi-Sukabumi adalah jalur alternatif menghindari Tol Purbaleunyi,”katanya.

Sementara Kasatlantas Polres Bogor, AKP Silfia Sukma Rosa, mengingatkan, penutupan jalur Puncak dimulai Sabtu (31/12/2016), pukul 18.00 WIB sampai Minggu (01/01/2016) pukul 06.00WIB. Silfia meminta masyarakat yang akan melintas kawasan Puncak untuk memilih alterlatif lain.

“Lebih baik melalui jalur Jonggol atau Sukabumi. Karena diprediksi dari hari kemarin sudah sangat padat,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Gading Pastika, yang menghimbau agar pelancong tidak memarkirkan kendaraannya di ruas jalan untuk menghindari parahnya kemacetan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola hotel agar mengingatkan tamu-tamunya datang lebih awal. Selain itu tidak parkir memakan di ruas jalan,” katanya.

Kata Kapolres, kawasan Puncak sendiri menjadi salah satu fokus pengamanan. Polres Bogor akan mempertebal jumlah personel, ditambah dari Brimob dan Dalmas Polda Jabar.

“Yang jelas pengamanan akan lebih ditingkatkan. Kemungkinan akan ada tambahan dari Brimob satu SSK dan dari Dalmas juga kami minta satu SSK,” tegas Dicky. (Dedi)

 

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*