Hampir Seperempat Dokter di Sukabumi Habis Izin Prakteknya

Praktek dokter di SUkabumi (dok. Dedi/KM)
Praktek dokter di Sukabumi (dok. Dedi/KM)

SUKABUMI (KM) – Pada bulan Oktober 2016 lalu, hampir seperempat dari keseluruhan dokter yang praktek di Kota Sukabumi habis izin prakteknya dan harus diperbaharui.

“Sebelum mengajukan perpanjangan izin praktek, tentunya harus mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Sukabumi, nanti keluar surat tanda registrasi setelah kami melakukan pengkajian. Saat ini seperempat dari total 220 dokter sedang berproses,” kata Ketua IDI Kota Sukabumi, dr. Bihantoro kepada kupasmerdeka.com, Sabtu (03/12/2016).

Dr. Bihantoro menegaskan, proses perpanjangan izin praktek harus mendapat rekomendasi dari IDI, setelah itu baru ke Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

“Saat ini perpanjangan izin praktek dokter berlaku lima tahun dan wajib diperbaharui. Semua sudah berproses tinggal menunggu dari pusat,” katanya.

Kata Bihantoro, dokter yang praktek di Kota Sukabumi tetap legal kendati belum ada hasil pembaharuan izin praktek dari pusat karena prosesnya memakan waktu paling lama tiga bulan.

“Kita pun sudah keluarkan surat keterangan sementara, karena kita tahu dokter itu sedang berproses. Kalau setengah dari dokter tidak praktek, pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi bakal terbengkalai,” ucapnya.

Lanjutnya, STR itu disesuaikan dengan keluarnya ijazah, cuman di 2011 Oktober itu pertama kali dikeluarkanya aturan tersebut. Sehingga pada Oktober 2016 lalu banyak dokter yang habis masa berlakunya.

“Saya sebut ini tsunami karena jumlah dokter hampir ratusan yang habis izin prakteknya. Tapi saya yakin tidak ada dokter yang tak punya izin praktek,” jelasnya.

Dia meyakinkan, pihaknya mengaku untuk jumlah dokter di Kota Sukabumi terbilang sudah cukup untuk melayani masyarakat Kota Sukabumi.

“Ya mudah-mudahan dengan jumlah dokter sekitar 220 yang tetap ini bisa memberikan pelayanan yang maksimal,” harapnya. (Dedi).

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*