Warga Tamansari Keluhkan Peternakan Ayam yang Diduga Cemari Lingkungan

Peternakan ayam di bilangan kelurahan Tamansari yang dikeluhkan warga (dok. Budi/KM)
Peternakan ayam di bilangan kelurahan Tamansari yang dikeluhkan warga (dok. Budi/KM)

BOGOR (KM) – Warga kampung Calobak, desa Tamansari kecamatan Tamansari mengeluhkan keberadaan peternakan ayam yang diduga telah mencemarkan lingkungan. Warga meminta Camat Tamansari agar mau turun tangan menyikapi hal ini.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya warga Calobak RW 07 itu mengungkapkan, peternakan ayam di dekat pemukiman warga itu sudah beroperasi sejak tahun 2013. “Kondisi peternakannya menimbulkan aroma tidak sedap bahkan pembuangan air langsung ke saluran air, seharusnya dibuang ke lubang instalasi air limbah,” keluhnya, Kamis 03/11.

Menurutnya, warga sangat berharap kepada Camat Tamansari untuk terjun langsung ke peternakan tersebut, sebab warga semakin cemas pencemaran itu bila dibiarkan dapat menimbulkan penyakit infeksi saluran pernafasan dan flu burung. “Lokasi peternakan ada di tengah pemukiman warga, selama ini tidak ada yang berani protes. Diduga di belakang peternakan itu ada dinasti kuat,” sambungnya.

Terpisah, saat tim KM mendatangi kepala desa Tamansari Gumilar Suteja di kantornya, ia membenarkan keberadaan peternakan ayam di kampungnya. Akan tetapi dirinya berkata, peternakan itu sudah dikasih kerenggangan waktu untuk mengurus perizinan, “dan sampai saat ini kami selaku kepala desa belum juga menerima informasi lebih lanjut lagi dari pengelola dan yang bertanggung jawab dari perusahaan tersebut,” tutupnya. (budi/jamil)

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Peternak Ayam di Calobak Tamansari Abaikan Kepuhan Warga, Camat: “Kewenangan Ada di Pol PP” – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*