SMPN 1 Cugenang Cianjur Dipilih untuk Ikuti Program Akselerasi Mutu

SMPN 1 Cugenang, Cianjur (dok. KM)
SMPN 1 Cugenang, Cianjur (dok. KM)

CIANJUR (KM) – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Barat menunjuk beberapa SMP negeri dan swasta di Cianjur untuk mengikuti Program Akselerasi Mutu sekolah (PAM). Diantaranya, SMP Negeri 1 Cugenang yang beralamat di Jl. Perkebunan Gedeh, Cugenang, Cianjur, yang diikutsertakan dalam program PAM tersebut yang dilaksanakan dengan tiga kali pendampingan.

Adapun agenda kegiatan tersebut diantaranya terdiri dari melaporkan rapor perkembangan pencapaian Indikator Kata Kunci Tambahan (IKKT), seperti yang telah dibuat oleh SMPN 1 Cugenang ini dengan pelaporan target IKKT 2016 meliputi beberapa item kegiatan.

“Kami memang saat ini sedang sibuk-sibuknya dalam persiapan untuk mengikuti Program Akselerasi Mutu dan melaporkan rapor PKP IKKT Tahun 2016 dari mulai akreditasi, kurikulum/SKL, kompetensi lulusan, pembelajaran, penilaian, pengelolaan, pendidikan dan tenaga kependidikan,” ucap Hj Heny Mulyani MPd menerangkan.

“Seperti akreditasi, minimal predikat A dari BNSP. Kurikulum, setiap mapel terpublikasi di web, dan peserta didik dapat mengakses program pembelajaran tiap semester. Kompetensi lulusan, peserta didik mampu berinteraksi dengan soal-soal setara TIMSS/PISA. Penbelajaran dimungkinkan dilakukan lewat fasilitas internet, dan RPP/Silabus dimuat di web sekolah,” sambung sang Kepsek.

Sementara itu, untuk pengelolaan, dana BOS dipublikasikan di web sekolah, serta mengembangkan kultur lokal dan global, bebas narkoba, rokok dan bebas kekerasan (bullying). “Pendidikan dan Tenaga kependidikan (PTK), sekolah melakukan kegiatan pengembangan profesi kepala sekolah dan pendidik secara berkala,” terangnya kembali menjelaskan.

Dengan jumlah murid sebanyak 930 orang, serta 49 pendidik pengajar dan jumlah 25 PNS yang ada ini, Heny menginginkan agar pendidikan SMP Negeri 1 Cugenang akan menjadi contoh sekolah dengan pendidikan yang terbaik,dengan memberikan informasi keterbukaan pada publik. (Muklis)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*