Roemah Cantigue Selenggarakan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Se-Kota Depok

Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin yang diadakan oleh TUK Rumah Cantigue, Depok (dok. Rully/KM)
Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin yang diadakan oleh TUK Rumah Cantigue, Depok (dok. Rully/KM)

DEPOK (KM) – Sanggar rias dan tempat uji kompetensi (TUK) Roemah Cantigue mengadakan uji kompetensi tata rias pengantin se-kota Depok di gedung MUI Depok, Jl. Nusantara No. 5-7, Selasa pagi (22/11). Uji kompetensi tersebut diikuti oleh 146 peserta, 9 Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dan 8 kelas.

Menurut salah satu juri pada uji kompetensi tersebut, Ika Rostika dari Dinas Pendidikan kota Depok, setiap tahun acara seperti ini selalu diselenggarakan oleh Roemah Cantigue. “Dari uji kompetensi ini para peserta mendapatkan sertifikasi, dengan uji kompentensi ini peserta diharapkan bisa berkarir sesuai disiplin ilmu yang didapat dari pelatihan-pelatihan seperti ini, dan panitia mengeluarkan sertifikat untuk digunakan peserta guna melamar pekerjaan yang disesuaikan kemampuannya,” tukas Ika.

Saat awak KM menemui salah anggota LPK “Dina”, ia menerangkan bahwa selama pelatihan peserta digratiskan dari semua biaya-biaya pelatihan tersebut. “Pada uji kompetensi kali ini dari LPK Dina paling banyak yang mengikutsertakan pesertanya yaitu 35 peserta,” kata Hamidah dari LPK Dina.

Ketua panitia acara, Atiek, juga menerangkan bahwa acara uji kompetensi ini telah diadakan sejak tahun 2009. Tahun ini, ada 80 peserta kecakapan kerja yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dari Ditjen Paudiknas.

“Kali ini peserta dibagi dengan 3 kategori. Pertama, peserta program PKK, dalam peserta Progam PKK ini semua biaya TUK ini kita gratiskan,” sambung Atiek.

“Kedua, peserta program reguler. Bagi peserta program reguler ini ada biayanya mas, tergantung setiap progam bidang studi yang diikuti oleh LPK nya. Ketiga, program beasiswa, dalam program ini setiap peserta hanya membayar biaya ujian saja mas, sebesar Rp. 500.000 saja,” tutupnya. (Rully)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*