Penjualan LKS oleh Sekolah Masih Marak

SDN Sirnagalih 03, Kecamatan Tamansari, Kab. Bogor (dok. KM)
SDN Sirnagalih 03, Kecamatan Tamansari, Kab. Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Penjualan lembar kerja siswa (LKS)masih kerap terjadi di sebagian sekolah di Bogor. Contohnya, di SDN Sirnagalih 3 yang menjual lembar kerja siswa kepada para murid didiknya.

Salah satu orang tua murid yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa seluruh siswa di SDN Sirnagalih 3 ini membeli LKS dengan cara mengoleksi, dan dikumpulkan langsung ke pengurus sekolah, Tatang.

Tatang pun membenarkan pernyataan tersebut. “Memang saya yang mengumpulkan uang dari orang tua murid sebesar Rp.68.000 per siswa untuk pembelian LKS,” jelas Tatang.

Namun ketika KM mempertanyakan lebih lanjut, Tatang mengelak dan enggan memberikan keterangan.

Kepala sekolah SDN Sirnagalih 3, Neni, pun membenarkan. “Silahkan saja kalau mau membeli LKS,” jawab singkatnya. Lagi, ketika dimintai keterangan lanjut sang kepsek mengelak dan enggan bersikap kooperatif. Pun saat KM mendatangi sekolah tersebut untuk ketiga kalinya untuk meminta penjelasan lebih lanjut, kepala sekolah itu sulit untuk ditemui.

Menurut anggota komite sekolah SDN Sirnagalih 3, Tolibin, “Kalau sekolah yang sifatnya sudah mapan itu memang tidak boleh menjual LKS dan kalau sekolah yang seperti ini masih diperbolehkan untuk menjual LKS. Ya saya mempersilahkan untuk membeli LKS tapi itu diatur oleh orang tua siswa,” jelas Tolibin.

Adapun Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 161 tahun 2014, melarang pihak sekolah bertindak menjadi distributor atau pengecer buku kepada peserta didik, serta Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan PP No. 66/2010 tentang Perubahan atas PP No. 17/2010 melarang tenaga pendidik baik, guru, dinas pendidikan, Pemda secara langsung maupun tidak langsung menjual atau menjadi distributor buku sekolah baik buku paket maupun LKS.

(jamil/budi)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*