Pemcam Cibinong Ancam Pelaku Pungli dengan Sanksi Berat

Masyarakat sedang mengantri untuk mendapat pelayanan di kantor pemerintahan di Kabupaten Bogor (dok. Irfan/KM)
Masyarakat sedang mengantri untuk mendapat pelayanan di kantor pemerintahan di Kabupaten Bogor (dok. Irfan/KM)

BOGOR (KM) – Pemerintah kecamatan Cibinong mengeluarkan pernyataan keras akan bahaya pungutan liar (pungli) dan sanksi yang akan diterima oleh pihak-pihak yang melakukannya.

Instruksi Presiden Joko Widodo terkait pemberantasan pungli di setiap pelayanan pemerintahan langsung direspon cepat, tidak terkecuali di kecamatan Cibinong, kabupaten Bogor.

Menurut Camat Cibinong Bambang W. Tawakal, pemberantasan pungli sudah tepat, dalam usaha memutuskan praktek-praktek yang di luar ketentuan yang berlaku sehingga merugikan masyarakat.

“Saya melarang keras pegawai melakukan pungutan liar alias pungli kepada masyarakat,” ucap Bambang saat ditemui media di ruang kerjanya di kantor kecamatan Cibinong, Rabu 2/11.

Ia juga menambahkan aturan yang diterapkan kepada pegawai kecamatan dipertegas dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) yang diterima oleh pihaknya, tertuang dalam Inmendagri Nomor: 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

” Instruksi ini merupakan pelaksanaan dari amanat Pasal 286 ayat (2) UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli),” jelasnya.

“Meningkatkan pembinaan dan pengawasan khususnya terhadap penyelenggaraan pada bagian pelayanan yang ada di kecamatan ini supaya tidak terjadi pungli tersebut,” sambung Bambang.

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat (Sekcam) Cibinong Andri Rahman menambahkan, bila ada oknum pegawai kecamatan yang terbukti melakukan pungli, kalau meraka adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan diserahkan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk diproses secara aturan yang ada, dan kalau ia pegawai honorer, bisa langsung diberhentikan.

“Maka mudah-mudahan jangan sampai ada oknum dari sini yang terlibat pungli itu,” ujarnya. (Irfan Damar Sinaga)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*