Enggan Perlihatkan RAB, Proyek Rehabilitasi SDN Kedungwaringin 05 Terkesan “Proyek Siluman”

Proyek pembangunan di SDN Kedungwaringin 5, Bojonggede (dok. KM)
Proyek pembangunan di SDN Kedungwaringin 5, Bojonggede (dok. KM)

BOGOR (KM) – Proyek rehabilitasi rencana gedung bertingkat sekolah dasar negeri (SDN) Kedungwaringin 05 kecamatan Bojonggede terindikasi KKN.

Sekolah yang letak letaknya berdekatan dengan kantor desa Kedungwaringin, tepatnya di Perumahan Bukit Waringin itu kini tengah direnovasi.

Ketika wartawan KM menemui salah satu pelaksana proyek tersebut, Atin, pada Selasa 1/11, ia mengatakan akan memperlihatkan gambar proyek tersebut esok harinya, namun hingga berita ini diterbitkan, Atin tidak bisa ditemui, dan nomor HP nya tidak aktif.

Saat awak media KM menanyakan pada ketua LSM Lapindo, Frans, terkait mengapa pihak pelaksana enggan menunjukkan RAB nya secara lengkap, ia pun mempertanyakan sikap tersebut.

“Apakah para pekerja itu dapat bekerja tanpa gambarnya? Apakah pelaksaan proyek itu tidak mengacu pada RAB? Padahal, proyek renovasi tersebut di bawah kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bogor dan dananya diperoleh dari APBD. Namun entah apa yang terjadi hingga semua ini dirahasiakan dan terkesan proyek siluman,” tukas Frans.

Lebih lanjut ketua Lapindo ini mengatakan, “Mengapa oknum kepala sekolah ini mengizinkan pembongkaran ruang belajar mengajar tanpa ada SPMK? Dari mana oknum kepala sekolah tersebut mengetahui siapa kepala proyek dan kapan mulai pelaksanaan? Apakah oknum kepala sekolah itu tidak mengetahui tupoksinya atau sengaja ketentuan?”

LSM Lapindo juga mengklaim telah mengirimkan surat klarifikasi kepada kepala dinas pendidikan kabupaten Bogor terkait proyek tersebut. “Kami telah mengirimkan surat klarifikasi kepada instansi terkait dengan harapan agar kepala dinasnya dapat meluruskan semua ini dengan nemberikan klarifikasi sesuai undang-undang No. 14 tahun 2008. Selanjutnya kami juga akan melaporkan hal ini pada pihak berwenang untuk dilakukan penyelidikan dengan harapan mengungkap misteri proyek renovasi ini,” tegas Frans.(lie)⁠⁠⁠⁠

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*