Disdukcapil Himbau Warga Segera Urus Akte Lahir yang Hilang atau Rusak

Akta kelahiran (ilustrasi)
Akta kelahiran (ilustrasi)

BOGOR (KM) – Masyarakat kabupaten Bogor yang sudah memiliki surat akte lahir akan tetapi karena suatu sebab surat tersebut hilang maupun rusak, dihimbau agar segera melakukan pengurusan ulang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan menyertakan syarat-syarat tertentu. Adapun pengurusannya tidak dikenakan biaya.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cacatan Sipil di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Bogor Herry Herwandi, Dokumen catatan sipil yang rusak atau hilang dapat diganti dengan yang baru sehingga masyarakat tidak perlu panik, dengan mengikuti prosedur yang sudah ditentukan.

“Masyarakat dapat mengurus ulang jika karena faktor rusak dengan melampirkan akte lahir yang rusak sehingga dapat diberi akte lahir yang baru. Jika karena faktor hilang, dengan melampirkan surat kehilangan dari kepolisian, KTP, Kartu Keluarga dan akan diganti dengan yang baru,” ucap Herry Herwandi saat ditemui di ruang kerjanya di kantor Disdukcapil Kabupaten Bogor, Jalan Bersih, kecamatan Cibinong, kabupaten Bogor Senin 21/11.

Selain itu, kata Herry, pengurusan kutipan dokumen akte lahir yang baru hanya butuh waktu 30 hari dan hal tersebut disesuaikan dengan dokumen arsip tersimpan.

“Kita koordinasi dengan kabid dokumen agar segera dicarikan sehingga segera diurus dan masyarakat akan mendapat nomor tunggu, hingga akte lahir yang baru selesai diurus,” jelas Herry.

Ia menambahkan jika akte yang hilang ditemukan oleh warga, otomatis surat akte yang ditemukan tersebut  sudah tidak berguna lagi karena sudah mendapatkan akte lahir yang baru.

“Segera diurus karena akte lahir sangat dibutuhkan untuk melengkapi segala urusan kependudukan dan keperluan yang lainya dan itu gratis,” pintanya. (Irfan Damar Sinaga)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*