Pembangunan Drainase Sukaharja Cijeruk Lamban, Rumah Warga Tergenang

Pekerjaan drainase di Pondok Bitung, Sukaharja, kecamatan Cijeruk (dok. KM)
Pekerjaan drainase di Pondok Bitung, Sukaharja, kecamatan Cijeruk (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pembangunan drainase di sepanjang Jalan Pondok Bitung, desa Sukaharja kecamatan Cijeruk lamban. Akibatnya, saluran air tersumbat sehingga saat musim hujan sejumlah rumah warga tergenang air dan merasa terganggu.

Kawasan Jalan Pondok Bitung tampak dalam pengerjaan pelebaran jalan utama dan pembangunan jaringan drainase. Namun karena drainase dibangun secara terputus, menyebabkan salah satu rumah tergenang air. Bahkan saat hujan turun dengan intensitas tinggi seperti saat ini, drainase meluap dan menggenangi rumah warga.

Saat dikonfirmasi, salah seorang warga mengatakan bahwa pembangunan jalan dan drainase yang merupakan satu paket proyek itu dinilai berjalan lambat. Hal itu karena tidak ada perhatian dari pemenang tender, yaitu CV. Prahu Multirama, dan kurang tenaga kerja yang dikerahkan. Menurutnya, pengerjaan yang dimulai sejak September 2016 lalu itu hingga saat ini masih menimbulkan banyak lubang galian dan sangat lambat. “Seperti  keong racun yang berjalan lambat sekali,” ujarnya kepada KM, Kamis 27/10.

“Pengerjaan drainase tak kunjung selesai, dan banyak galian yang tidak mendapatkan sentuhan dan tidak terkoneksi dengan drainase lama, kondisi ini berlangsung terlalu lama, akibatnya ketika hujan lebat seperti sekarang, maka rumah dan pedagang di pinggir sudah terjadi banjir genangan,” ujar warga Pondok Bitung yang enggan disebut namanya itu.

Selain itu, saat ini terdapat beberapa lorong yang terputus karena pembangunan drainase baru dimulai, sehingga jika proyek itu dibiarkan berjalan lambat, tentu akan mengganggu aktivitas warga. “Padahal jalan tersebut merupakan kawasan padat penduduk,” tutupnya. (budi/man/jamil)

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*