Kembangkan Bank Sampah, Ibu Lurah Cisalak Pasar: “Jadikan Sampah Sebagai Sahabat”

Cahyanto, lurah Cisalak Pasar, kecamatan Cimanggis, Depok (dok. KM)
Cahyanto, lurah Cisalak Pasar, kecamatan Cimanggis, Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) – Lurah baru di kelurahan Cisalak Pasar, kecamatan Cimanggis, menanggapi serius soal program kota Depok dengan slogannya “Depok Bersih, Depok Sehat, Depok Mandiri”. Lurah Cahyanto bersama istrinya, Eri Jumiyati, mengungkapkan sikap mereka itu saat ditemui oleh KM Selasa 4/10.

“Saya saat ini akan berkonsentrasi di bidang kebersihan lingkungan masyarakat sekitar. Saya menganggap efek dari menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungannya, sangat seiring dengan program kota Depok yang menuju Depok bersih, Depok sehat, Depok mandiri. Hal inilah tugas besar kita bersama terutama sampah yang nyaris sulit untuk dikendalikan,” jelas Lurah Cipas.

Advertisement

Sang istri juga ternyata merupakan salah satu penggiat bank sampah di wilayah kediaman keluarga lurah Cahyanto di bilangan Nanggewer, Cibinong, Bogor. “Dengan mengembangkan konsep bank sampah maka para ibu-ibu rumah tangga bisa menjadikan sampah sebagai sahabat sehingga sampahpun dapat menghasil pundi-pundi uang untuk tambahan uang THR [Tunjungan hari raya -red] karena mayoritas para ibu-ibu menguangkannya jelang lebaran Idul Fitri. Yah lumayan kan untuk tambahan buat beli kupat dan ayam kampung untuk dibuat opor ayam,” pungkas Eri. (Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*