Demo Anti Ahok, Habib Rizieq: “Kita Demo Bukan Karena Pilkada”

Massa yang berpartisipasi dalam demo dan long march anti Gubernur DKI Jakarta Ahok bergerak selepas melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal (dok. KM)
Massa yang berpartisipasi dalam demo dan long march anti Gubernur DKI Jakarta Ahok bergerak selepas melaksanakan shalat Jumat di Masjid Istiqlal (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Buntut dari kontroversi ucapan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tentang ucapannya yang dianggap menghina umat Islam oleh sebagian kalangan, ribuan massa yang tergabung dalam sejumlah ormas keislaman turun ke jalan dan melakukan unjuk rasa dan long march di Jakarta, Jumat 14/10.

Massa berkumpul di halaman masjid Istiqlal menyuarakan takbir seraya mengepalkan tangan, meneriakkan yel-yel “hidup Islam” dengan bentangan poster “Tangkap Ahok Adili” dan lain sebagainya.

Dari informasi yang didapat, aksi kali ini diikuti kurang lebih 15.000 orang yang merupakan gabungan massa ormas keislaman seperti FPI yang merupakan koordinator aksi, FUI, HTI, FBR, Perwakilan pondok-pondok pesantren, DKM, dan lain sebagainnya. Tampak juga relawan dari Aceh yang ikut hadir dan menginap di masjid Istiqlal sejak hari Kamis.

Menurut Imam besar FPI Habib Rizieq Shihab, pihaknya menggelar aksi kali ini “bukan karena Pilkada, kita berdemo karena ingin Ahok diadili sebab penghinaan terhadap Al Qur’an menyakiti umat Islam.
Kita minta aparat bertindak tegas dalam soal ini,” ujar Habib Rizieq di tengah massa aksi.

Advertisement

Salah satu peserta yang awak KM temui di tengah aksi longmarch mengatakan, “kami dari Subuh sudah sampai di sini, kami tidak rela agama kami dihina apalagi sebagai santri saya marah besar atas omongan si Ahok yang menghina Ayat Al Qur’an,” ujar Ahmad Rifai, yang datang dari Majalengka Jawa Barat bersama 7 orang temannya.

Longmarch kali ini dimulai dari Istiqlal menuju polres Jakarta Pusat di Gambir, kemudian menuju Balai Kota dan kembali ke ke masjid Istiqlal. Ada yang menarik, massa terpecah ketika melewati gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan dan tampak sekitar seratus orang berdemo di depan gedung kementerian ini. (jack/dayak)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*