Warga Batu Meriahkan HUT ke 160 Desa Pesanggrahan

Salah satu rangkaian acara pada peringatan hari jadi desa Pesanggrahan, Batu, Jawa Timur (dok. KM)
Salah satu rangkaian acara pada peringatan hari jadi desa Pesanggrahan, Batu, Jawa Timur (dok. KM)

BATU, JAWA TIMUR (KM) – Minggu malam 11/9, kota Batu dipadati oleh ribuan masyarakat yang turut menghadiri 160 tahun hari jadinya desa Pesanggrahan. Konsentrasi massa sudah terjadi saat selepas sholat Maghrib. Menurut kepala desa, Anam Suyamto, acara ini diadakan setiap tahun. Menurut keterangannya, desa Pesanggrahan ini sudah berdiri sejak tahun 1856.

Menurut keterangan dari seorang sesepuh desa, Pesanggrahan pada zaman dahulu adalah sebuah tempat dimana para petinggi kerajaan beristirahat. “Konon para Raja, Ratu, Adipati dan Punggawa Kerajaan antara lain raja Mataram bersama para istri selirnya sering mandi di sumber mata air panas Songgoriti dan beristirahat atau “mesanggrah” di tempat yang sekarang ini orang menyebut Desa Pesanggrahan,” tegasnya.

Advertisement

Anggota DPRD kota Batu, sejumlah ulama kota Batu dan desa Pesanggrahan turut menghadiri acara ulang tahun ke 160 desa Pesanggrahan ini.

“Saya berharap dengan semangat baru Desa Pesanggrahan, warganya bisa tetap menjaga kelestarian budaya, juga peningkatan sektor pertanian yang memegang rasa syukur pada Allah Swt dengan landasan ketaqwaan, bertepatan dengan takbiran Idul Adha,” pungkas salah satu tokoh agama setempat. (Gie/awal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*