Departemen Manajemen Hutan IPB Adakan Penyuluhan Keselamatan Bagi Buruh HUtan

Sejumlah buruh hutan mengikuti dialog interaktif dengan ahli kehutanan dari IPB tentang keselamatan bekerja. (dok. KM)
Sejumlah buruh hutan mengikuti dialog interaktif dengan ahli kehutanan dari IPB tentang keselamatan bekerja. (dok. KM)

TENJOLAYA, BOGOR (KM) – Departemen Manajemen Hutan di Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan dialog interaktif dengan puluhan penebang dan pengangkut kayu di wilayah Bogor  di Perumahan Umum Perhutani di desa Tapos, kecamatan Tenjolaya dengan mengundang beberapa narasumber yang ahli di bidang ketenagakerjaan kehutanan.

Puluhan buruh angkut dan tebang kayu yang tergabung dalam komunitas Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) diketahui dalam bekerja menghadapi resiko besar dalam keselamatan kerja sehingga diperlukan saran-saran bagaimana bekerja yang baik dan benar.

Yopi selaku narasumber yang dihadirkan dalam dialog interaktif itu menjelaskan bahwa dibutuhkan persiapan mental dan fisik di lapangan.

Advertisement

“Setiap buruh hutan harus dapat menjaga kesehatan dan menjaga pola makan sehingga tubuh lebih fit dalam bekerja,” ucapnya kepada para KPH, Minggu 10/9.

Selain itu, kata Yopi, keselamatan kerja yang baik adalah “pintu gerbang bagi keamanan tenaga kerja.” Ia memaparkan, keselamatan kerja menyangkut segenap proses produksi dan distribusi, baik barang maupun jasa.

“Ketika mereka bekerja agar banyak makan yg bervitamin, dan banyak meminum air mineral dan penting diingat, keluarga menanti di rumah,” tutupnya. (hndi/hrmn)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: