Setiap Bulan Kerja Bakti, Gang Rela Menteng Atas Terus Hadapi Banjir Setiap Hujan

Warga harus melintasi jalanan yang tergenang menyusul hujan yang mengguyur Jakarta (dok. KM)
Warga harus melintasi jalanan yang tergenang menyusul hujan yang mengguyur Jakarta (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Banjir, kata yang akrab bagi warga Jakarta. Hampir setiap musim penghujan tiba, selalu ada saja genangan air baik di jalan raya maupun di sekitar pemukiman penduduk. Seperti pada salah satu pemukiman warga di jalan Gang Rela, kelurahan Menteng Atas, Jakarta Selatan ini. Tampak air menggenangi ruas jalan pemukiman setinggi lutut orang dewasa.

Ketika ditemui awak KM di kediamannya, salah satu warga yang sempat kami konfirmasi mengatakan, “dari dulu disini mah udah biasa, padahal di setiap sebulan sekali sering diadain kerja bakti. Tapi gak tahu kenapa ya, tiap hujan ya banjir,” ujar warga yang sudah menetap puluhan tahun ini.

Advertisement

Jalan di pemukiman ini merupakan jalan alternatif yang menghubungkan antara ruas Jalan Kasablanka dan Jalan Minangkabau. Gorong-gorong yang kecil serta kurangnya kedisiplinan warga dalam membuang sampah disinyalir masih menjadi penyebab terjadinya banjir di ibukota, walaupun pemerintah provinsi telah pengeluarkan perda yang melarang keras warga membuang sampah ke sungai atau ke gorong-gorong, hingga mengenakan denda sebesar 500 ribu rupiah sampai kurungan badan maksimal satu minggu. (jack-Rully)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*