Desa Pasanggrahan, Garut: Geliat UKM Luput dari Perhatian Pemerintah

Kades Pasanggrahan, Cilawu, Garut (kedua dari kiri) beserta stafnya (dok. Mugi/KM)
Kades Pasanggrahan, Cilawu, Garut (kedua dari kiri) beserta stafnya (dok. Mugi/KM)

GARUT (KM) – Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut yang saat ini dipimpin oleh kepala desa Dul Syukur atau lebih akrab dipanggil Deden, merupakan salah satu desa yang terasa geliat UKM di bidang kuliner khas Garut. Namun di balik antusiasme warga untuk merintis usaha sendiri, ternampak pengabaian atau luputnya perhatian pemerintah tingkat kabupaten, provinsi dan pusat terhadap para pengusaha kecil ini.

“Denyut nadi perekonomian warga berada di sektor UKM [Usaha Kecil Menengah]. Di desa ini ada 17 UKM yang mayoritas adalah sektor kuliner oleh-oleh khas Garut,” jelas Kades Deden.

Advertisement

“Sektor UKM di desa ini belum pernah mendapatkan perhatian dari Kementrian Koperasi dan UKM serta Dinas Usaha Kecil Menengah baik dalam bentuk pembinaan manajerial, pemasaran, dan pinjaman dana lunak untuk pelaku UKM,” lanjutnya.

“Saya berharap pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten jika memang menganggap sektor UKM itu potensi besar untuk menopang ekonomi masyarakat desa, jangan abaikan UKM. Masa dari dulu ga ada pembinaan?” ketus Deden. (Gie/Bustomi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*