Pengamen Jalanan Hibur Sosialisasi Pilkada DKI Jakarta

Anak-anak KPJ KPJ menghibur sosialisasi Pilkada DKI Jakarta (dok. Jack/KM)
Anak-anak KPJ KPJ menghibur sosialisasi Pilkada DKI Jakarta (dok. Jack/KM)

JAKARTA (KM) – Anak jalanan (anjal) adalah potret kehidupan masyarakat perkotaan. Dari dulu hingga sekarang, keberadaanya menjadi ciri tersendiri di kehidupan sosial kota, terutama Jakarta. Entah karena kemiskinan atau kurangnya kepedulian pihak-pihak tertentu untuk melindungi serta mengayomi mereka yang rata-rata usia wajib belajar.

Ada yang unik di sela-sela acara sosialisasi serta konsolidasi jelang Pilkada DKI Jakarta yang berlangsung di Jakarta Timur, tepatnya di kelurahan Balimester, kecamatan Jatinegara. Tim KM menyaksikan beberapa anak jalanan yang tergabung dalam KPJ (kelompok pengamen jalanan) Kampung Melayu menjadi penghibur pada penutupan acara ini.

Dengan sedikit malu-malu,mereka menyanyikan lagu yang syairnya sedikit bernada kekesalan dan kritik sosial terhadap apa yang mereka alami sendiri, sebagai kaum yang termarjinalkan dalam kehidupan sosial perkotaan.

Salah seorang dari mereka yang ditanyai tentang pendapatnya pada acara ini mengatakan, “sering-sering aja acara kaya gini diadain, kita kan jadinya ga usah repot keliling cari makan,” ujar Yan, salah seorang anjal yang diundang di acara ini.

Advertisement

Beredar kabar, pihak kelurahan mengundang mereka sebagai upaya simpati terhadap keberadaan anjal yang ada di seputar terminal Kampung Melayu yang memang termasuk otoritas kelurahan Balimester.

“Harapan kami yang juga senada dengan masyarakat pada umumnya, agar perhatian terhadap anak jalanan lebih ditingkatkan lagi agar mereka bisa mendapatkan kehidupan yang layak sebagaimana mestinya dan tidak  melanggar ketertiban umum, terlibat narkoba juga tindak pidana lainya seperti pencurian dan pemalakan,” ujar Sekretaris Kelurahan Balimester, Rusli.

“Besar kemungkinan jika mereka terdidik dengan baik. Dengan pendidikan karakter dan wira usaha, maka negara kita akan lebih mudah memangkas angka kemiskinan yang ada serta dapat memicu percepatan ekonomi yang diwacanakan pemerintah,” tutupnya. (jack)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: