Pemkab Bogor Siapkan Lahan Bagi PKL Puncak

Kepala Diskoperindag Kab. Bogor Dace Supriadi (dok. KM)
Kepala Diskoperindag Kab. Bogor Dace Supriadi (dok. KM)

BOGOR (KM) – Maraknya Pedagang KakiLima (PKL) yang berjualan di bahu jalan, seperti di wilayah Puncak, Cisarua, membuat pemerintah kabupaten Bogor harus putar otak, salah satunya dalam mencarikan lahan bagi para pedagang.

Menurut Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dace Supriadi, bagi PKL wilayah Puncak saat ini direncanakan akan direlokasi di dua tempat yang berbeda seperti lahan milik areal PT Gunung Mas dan PT Ciliwung Sumber Sari Pakuan.

“Rancangan ya itu 5 hektar di Gunung Mas dan Sumber Sari 5 hektar. Posisi ya yang Gunung Mas di bawah masuk kebun teh sebelah kanan, kalau yang Sumber Sari Pakuan Ciliwung sebelah atas yang kiri,” ucapnya kepada KM, Kamis 15/9 di ruang kerjanya.

Advertisement

Ia juga menjelaskan saat ini pemerintah kabupaten Bogor sedang bernegosiasi dengan pihak swasta dan masih tahap proses sehingga jelas status lahan yang akan ditempati para PKL.

“Karena jika di bangun harus jelas, apakah itu hibah atau pinjam pakai atau sewa-menyewa. Itu tergantung dari tindak lanjut pembahasan surat bupati masuk ke perusahaan tersebut,” tuturnya.

“Prinsipnya Pemda sekarang sedang mengupayakan agar PKL sistem ya tidak di gusur tapi di geser. Tentunya dengan pergeseran ini lumayanlah, jadi kita harapkan para pedagang juga [penghasilannya] bertambah karena data sudah ada,” pungkasnya. (Irfan Damar Sinaga)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*