Banjir Bandang dan Longsor Hantam Cibunian Pamijahan

Warga membersihkan jalan desa dari tanah yang menutupi setelah kejadian tanah longsor di desa Cibunian, Pamijahan (dok. KM)
Warga membersihkan jalan desa dari tanah yang menutupi setelah kejadian tanah longsor di desa Cibunian, Pamijahan (dok. KM)

BOGOR (KM) – Banjir bandang terjadi di aliran sungai Cianten tepatnya di Kp. Muara RT 01/10 desa Cibunian, Pamijahan kabupaten Bogor pada Rabu 14 September 2016 sekitar 18.10 WIB. Banjir bandang tersebut akibat dari hujan yang turun terus menerus sehingga dua pertemuan arus aliran air sungai Cianten dan sungai Cisakuti meluap dan air sempat menggenangi sebagian rumah warga hingga 1 meter serta merusak kolam ikan mas milik warga. Selain itu, tanah longsor juga terjadi pada  tebing setinggi kurang lebih 13 meter yang berakibat sebagian jalan sekitar 14 m tertutup tanah sejauh 14 meter, namun masih dapat dilalui.

Pada kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian materi, diantaranya beberapa rumah warga terendam air dan perabot rumah tangga mengalami rusak ringan akibat terendam air. Warga pun mengharapkan ada tindakan dari aparatur pemerintahan menanggulangi masalah ini dengan dibuatnya tanggul penyangga agar disaat air meluap tidak sampai menerjang rumah warga.

Advertisement

Kolam ikan mas air deras milik H. Deden juga rusak berat beserta ikan mas yang berada di kolam ikut hilang terbawa banjir. Saat ditemui oleh KM, pemilik kolam ikan itu mengatakan lebih dari 9 ton ikan siap panen hanyut terbawa derasnya air.

Banjir bandang yang menggenangi sebagian rumah tinggal warga dan kolam ikan itu mulai surut pada jam 20.30 WIB. (Dhody/Asep Ridwan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*