Konsistensi Si Pengrajin Batu Akik

Muhammad Saefudin alias Kang Uwi di padepokan batu akik nya di Ds Muara Jaya, Caringin, Bogor (dok. Raden/KM)
Muhammad Saefudin alias Kang Uwi di padepokan batu akik nya di Ds Muara Jaya, Caringin, Bogor (dok. Raden/KM)

BOGOR (KM) – Demam batu akik yang sempat melanda bumi nusantara di tahun 2015 lalu kini tenggelam sudah. Namun, kondisi itu tidak berpengaruh bagi sebuah komunitas batu akik yang dimotori oleh Muhammad Saefudin di Jalan Hr. Edy Sukma Km 19, tepatnya di Kampung Cisalopa, Desa Muara Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat, yang hingga kini masih tetap konsisten di dunia perbatuan.

Saat dijumpai KM di Padepokannya, Muhammad Saefudin yang lebih dikenal dengan Kang Uwi mengaku, usaha kerajinan mengolah bongkahan batu akik menjadi berbagai jenis hiasan itu telah digelutinya selama tiga tahun. Didasari oleh hobinya, kemudian dikembangkan menjadi usaha tetapnya hingga sekarang.

“Saya hobi mengoleksi batu akik dari sebelum booming. Saat batu akik naik daun, saya mulai merintis usaha itu hingga berkembang dan bertahan sampai  sekarang. Memang kalo dibandingkan tahun lalu, omset usaha saya sekarang menurun drastis. Namun demikian, tidak terpikir oleh saya untuk menutup usaha ini, bahkan akan terus saya kembangkan,” ujar Kang Uwi.

Selain membentuk batu cincin, lanjut Kang Uwi, padepokannya juga menerima berbagai order lainnya sesuai pesanan konsumen. Diantaranya, poles bongkahan secara bentuk natural, bentuk binatang, bentuk kujang dan lain-lain. Selain itu, Kang Uwi juga menawarkan koleksi berbagai jenis batu akik mulai dari kelas standar hingga batu mulia dengan harga ekonomis dan terjangkau.

Advertisement

“Saya menerima berbagai jenis order sesuai keinginan konsumen. Kalo untuk harga koleksi batu akik saya yang sudah jadi, harga bisa nego lah,” tandasnya.

Setiap akhir pekan khususnya, Padepokan Stones Kang Uwi menjadi tempat berkumpulnya para pecinta batu akik yang datang dari berbagai daerah. Mulai dari kalangan remaja hingga lanjut usia. Selain membahas seputar kegemaranya, tempat usaha Kang Uwi juga dijadikan ajang silaturahmi dan diskusi bagi mereka.

“Selain sebagai tempat menyalurkan hobi, di setiap berkumpul kami juga kerap berdikusi tentang banyak hal. Kami berharap dan sangat yakin suatu saat pamor batu akik di bumi nusantara ini akan kembali naik,” timpal Asep, salah satu anggota komunitas batu akik Kang Uwi. (Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*