Komisi I DPR Restui Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Calon Kepala BIN, Budi Gunawan, saat memberikan keterangan pers di komisi I DPR RI (dok. Indra/KM)

JAKARTA (KM) – Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan dapat dipastikan akan menduduki kursi kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) menggantikan Sutiyoso, setelah mendapatkan restu dari  Komisi I DPR RI.

Kepastian tersebut setelah menindaklanjuti rapat konsultasi, menggantikan rapat Bamus (Badan Musyawarah) pada tanggal 6 Sebtember 2016, selanjutnya Komisi I DPR RI langsung melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum dalam rangka penilaian terhadap calon kepala BIN.

Setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan usai mendengarkan paparan visi dan misi calon Kepala BIN serta mendapat pandangan-pandangan fraksi-fraksi dan anggota di Komisi I DPR RI terhadap calon Kepala BIN Budi Gunawan, maka komisi 1 DPR RI Rabu 7/9 di gedung DPR RI memutuskan bahwa Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala Badan Intelejen Negara menggantikan Sutiyoso.

Advertisement

Menyikapi hal itu, Komjen Budi Gunawan mengaku sangat menghargai dan “akan mengemban tugas serta tanggung jawab dengan sebaik -baiknya yang di berikan pemimpin negara dan lembaga pemerintah.”

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan DPR RI kepada dirinya yang telah mempercayai untuk memimpin BIN kedepan dan terima kasih juga kepada Presiden yang telah memberikan tugas ini,” ucapnya kepada puluhan awak media.

Sementara di tempat terpisah, Anggota Komisi I Mayjen (Purn.) TNI Asril Hamzah Tanjung, mengatakan bahwa pihaknya di komisi 1 melihat Budi Gunawan layak jadi Kepala  BIN.

“Budi Gunawan layak jadi Kepala BIN, kami hanya menyetujui. Selanjutnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo,” singkatnya. ( Indra Falmigo )

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*