Kepala BNPT Ajak Masyarakat Redam Faham Radikal

Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius saat memberikan keterangan pada puluhan awak media di Gedung DPR RI (dok. Indra/KM)
Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius saat memberikan keterangan pada puluhan awak media di Gedung DPR RI (dok. Indra/KM)

JAKARTA (KM) – Usai rapat kerja (Raker) Komisi 3 DPR RI, Komjen Drs. Suhardi Alius MA, yang kini menjabat sebagai kepala BNPT, memberikan keterangan kepada pers terkait maraknya tindak terorisme dan radikalisme yang berkembang saat ini.

Sejak dilantik, Suhardi memfokuskan diri pada penanganan radikalisme dan pengaruh-pengaruh yang akan masuk dari luar, yang akan merusak nasionalisme dan masa depan generasi akan datang.

“Saya melihat banyaknya pengaruh-pengaruh dari sosial media, Twitter, yang mengarah pada faham radikalisme. Oleh karena itu, agar ini tidak berkembang, tentunya kami menindaklanjuti dengan cara-cara pendekatan bukan dengan kekerasan,” tegas Suhardi kepada wartawan Kamis 15 September 2016.

“Mengingat banyaknya laporan-laporan yang masuk tentang radikalisme pada anak-anak SMA, mahasiswa dan lain-lain, tentunya kami tidak bisa menangani sendiri, makanya kami berharap juga pada teman-teman jurnalis untuk lebih bersinergi dan bisa mengemasnya dan meluruskan berita-berita yang miring,” imbuhnya.

Advertisement

Terkait himbauan pemerintah dan masyarakat agar lebih memperhatikan pengaruh radikalisme, Suhardi mengatakan pihaknya juga telah meminta pada kementerian Kominfo dan lembaga-lembaga sosial “untuk lebih peduli pada mereka-mereka yang terpengaruh oleh paham radikalisme.”

Pada kesempatan itu Suhardi juga menjelaskan tentang sosialisasi dan pencegahan konflik teroris di Poso. “Kami sudah membangun paguyuban dengan para ulama dan Komnas HAM di sana, untuk memberikan masukan-masukan secara persuasif pada mereka-mereka yang ada di sana, untuk mencegah tumbuhnya teroris baru,” terangnya. (Indra Falmigo)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: