Hari Kedua Idul Adha, SDN Cisalak Pasar 3 Tebar Kurban dan Hikmahnya

Suasana pemotongan daging kurban SDN Cisalak Pasar 3, Depok (dok. KM)
Suasana pemotongan daging kurban SDN Cisalak Pasar 3, Depok (dok. KM)

DEPOK (KM) Hari raya Idul Adha, atau  hari raya kurban merupakan momen yang penuh dengan pelajaran yang berharga, khususnya dalam berbagi. Hikmah tersebut juga yang ingin digapai oleh SDN Cisalak Pasar 3, Cimanggis, Depok.

SDN Cisalak Pasar 3 yang dinakhodai oleh Kepsek Eva Eriva, M. Pd, itu pada hari kedua Idul Adha ini pula melakukan penyambelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Menurut keterangan yang didapat dari Eva, dirinya bersama para guru mengajak para siswa untuk berlatih dalam berkurban yaitu dengan minyisihkan uang jajan siswa dengan bentuk infak (sumbangan). Seruan ini, katanya, disambut positif oleh siswanya yang saat ini berjumlah 478. Tidak hanya disitu, Eva pun mengajak pula para guru ikut dan memberi contoh yang baik untuk sama-sama berpartisipasi dalam berinfak untuk suksesnya acara ini.

Advertisement

Senada dengan hal tersebut, masih menurut Eva, bahwa dalam berkurban ini para guru menyisipkan pelajaran kepada para siswanya tentang kasih sayang pada yang tidak mampu, berbagi dengan yang membutuhkan, mentaati perintah orang tua, “selama orang tua perintahkan ketakwaan pada Allah Swt  seperti yang diajarkan dalam kisah Nabi Ibrahim dan Ismail,” pungkas Eva sambil bersemangat menunjukan banyaknya hikmah kurban.

Diakhir acara penyembelihan hewan qurban tahun ini, para guru bersama komite sekolah mengadakan makan bersama, juga membagikan daging kurban yang masih segar kepada siswa yang kurang mampu juga pada lingkungan RT setempat. (Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*