Warga Kecamatan Natar Lampung Selatan Keluhkan Lambatnya Pengurusan e-KTP

LAMPUNG (KM) – Kantor Kecamatan Natar, kabupaten Lampung Selatan 18/8 diramaikan oleh para warga yang hendak merekam foto, sidik jari dan retina mata guna melengkapi pembuatan e-KTP. Menurut informasi dari warga di wilayah desa Banyuwangi kecamatan Natar Lampung Selatan, pengurusan KTP sejak saat bulan puasa (Juni 2016) hingga saat ini belum juga selesai.

Menurut sekretaris kecamatan Natar, Kohar, keterlambatan pengurusan e-KTP karena lambannya proses di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Lampung Selatan. “Dari pihak kecamatan berusaha untuk sesegera mungkin melayani masyarakat dengan maksimal, namun setelah dilakukan pengiriman data via online proses selanjutnya ada di Disdukcapil kabupaten. Nah disananya yang sering lama, sehingga kita sulit untuk prediksi kapan e-KTP warga jadi. Terkadang kami sarankan ke warga umtuk silahkan tanya langsung ke Disdukcapil kabupaten biar puas dengar langsung dari Dinas terkait. Saya pun sudah tak bosen-bosannya untuk terus menanyakan saat Rakor Evaluasi dengan Disdukcapil. Karena kecamatan hanya sampai tahap rekam datam selebihnya Disdukcapil yang memproses,” tegas Kohar.

Advertisement

Bertepan dengan itu, terlihat seorang anggota DPRD Lampung Selatan datang ingin memperpanjang e-KTP milik putranya. “Kapan bisa selesai pak sekcam?”

Ketika tidak mampu memberikan kepastian, anggota dewan tersebut bingung dan mengatakan dirinya akan melayangkan surat ke Disdukcapil kabupaten. “Kalau seperti ini warga dibuat (bimbang dengan) ketidakpastian,” ketusnya.

Adapun menurut pihak kantor Disdukcapil kabupaten Lampung Selatan, mereka “sudah melayangkan surat kepada Kementrian Dalam Negeri untuk permintaan blangko e-ktp sebanyak 16 ribu, namun yang di setujui hanya 400, itupun untuk se-kabupaten. Jadi nampaknya kita tetap akan alami kesulitan dalam pelayanan masyarakat untuk e-KTP,” keluhnya. (Gie/Arnadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*