Tim SAR Gabungan Sukabumi Selamatkan Peziarah Yang Tersesat di Gunung Salak

Peziarah Gunung Salak Saat Dievakuasi Tim SAR Gabungan (Dok. KM)
Peziarah Gunung Salak Saat Dievakuasi Tim SAR Gabungan (Dok. KM)

SUKABUMI (KM) – Sebanyak 10 orang peziarah asal Bogor dan Jakarta yang sempat tersesat usai melakukan ziarah di sebuah makam di Puncak Manik, Salak 1, Gunung Salak, Jawa Barat, akhirnya berhasil ditemukan Tim SAR gabungan, Minggu 14 Agustus 2016.

Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Pajri mengatakan, kesepuluh peziarah tersebut berhasil ditemukan petugas dengan kondisi selamat pada Minggu pagi sekira pukul 10:30 WIB.

“Mereka dievakuasi ke pos awal pendakian di Cimalati Cicurug. Semua selamat cuma ada 4 orang yang harus ditandu, karena kelelahan,” kata Okih.

Mereka tersesat diduga karena faktor alam, usai berziarah ke makam Syeikh Hasan Basri yang juga dijuluki Mbah Gunung Salak di Puncak Gunung Salak. Para peziarah ini melalui Kampung Cikurutu Murbai, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Sabtu kemarin.

“Rombongan mereka total ada 47 orang dan mereka terpisah diduga karena faktor alam. Saat itu kondisi di Gunung Salak memang sedang diguyur hujan,” jelasnya.

Advertisement

Selain itu, puluhan peziarah lainnya yang pergi berziarah juga sempat kehabisan stok logistik saat perjalanan pulang di Pos 4 dan Pos 5. Kini, petugas tengah memulihkan kondisi para peziarah sebelum dipulangkan.

“Setelah kondisi kesehatan semuanya pulih, mereka akan dipersilakan kembali ke villa di tempat sebelumnya menginap,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Resort TNGHS Sukiman mengungkapkan, pihaknya sudah mengevakuasi semua korban yang tersesat akibat cuaca yang buruk. Dan sementara, petugas polhut pun terus menyisir kawasan setiap pos agar lebih kondusif.

“Semuanya sudah kami evakuasi ke tempat aman dan mereka diberikan pertolongan pertama, akibat cuaca yg buruk menyebabkan jalur jadi tersesat, kondisi ini terus kami pantau bersama polhut setempat,” pungkasnya. (Raden/Gus)

Advertisement
Komentar Facebook

1 Comment

  1. Siapa sih yang gak suka dengan namanya camping, apalagi jaman sekarang ini lebih banyak orang yang rela tidur di outdoor untuk mencari sensasi baru entah hanya camping ataupun karena mendaki gunung. Bersama teman –teman Jakarta Local Guide pada tanggal 28-29 Juli 2018 aku pergi ke Bogor tepatnya di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Aku dan teman- teman berangkat dari Jakarta hari sabtu pagi sekitar jam 8 dengan meeting point di UKI. Kami berangkat bersama – sama naik mobil, kami semua berjumlah 16 orang dengan menggunakan 4 mobil. Sekitar jam 11 pagi kami sampai di Pondok untuk meletakkan semua barang barang bawaan kami. Kemudian kami beristirahat dan makan siang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*