Ribuan Warga Saksikan Lomba Hias Sepeda di Kuningan Barat

Peserta lomba sepeda hias periode 2016 dalam rangka memeriahkan HUT RI ke.71 (dok. KM)
Peserta lomba sepeda hias periode 2016 dalam rangka memeriahkan HUT RI ke.71 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia, sudah menjadi tradisi warga-warga di setiap kampung atau pemukiman di seantero Indonesia mengadakan berbagai lomba dan hiburan rakyat, yang telah menjadi khazanah kebangsaan Indonesia tersendiri.

Selain perlombaan yang sudah biasa seperti lomba balap karung, lomba panjat pinang dan lomba tumpeng, beberapa tempat mengadakan lomba-lomba yang unik yang menjadi daya tarik masyarakat banyak dan bisa menjadi potensi pariwisata atau kebudayaan, tentunya dengan dukungan instansi pemerintah yang terkait.

Salah satunya terlihat di kelurahan Kuningan Barat, Jakarta Selatan, tepatnya di RT 11 RW 01, dimana warga setempat mengadakan lomba kreasi menghias sepeda yang diikuti oleh ratusan peserta dan disaksikan oleh ribuan masyarakat sekitar. Gagasan lomba unik tersebut muncul dari sang ketua RT, Nahrawi alias “Bang Awi Jenggo”.

Bang Awi ini selalu aktif mengadakan berbagai rangkaian acara perlombaan yang diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan warga masyarakat, khususnya warga RT 11/01 dan sekitarnya.

Sebagai pembukaan, lomba sepeda hias ini diikuti oleh ratusan sepeda peserta dari berbagai jenis dan ukuran sepeda. Tampak ribuan masyarakat Kuningan Barat antusias ikut menyaksikan jalannya perlombaan tersebut.

Advertisement

Namun di sisi lain, Bang Awi menyayangkan kurangnya perhatian dari instansi pemerintah terhadap potensi daya tarik lomba sepeda hias tersebut. “Acara ini merupakan hiburan rakyat, sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71, akan tetapi kami menyayangkan sikap pemerintah daerah di lingkungan kota administrasi Jakarta Selatan, yang kami anggap kurang perhatiannya dan cuek,” ujarnya.

“Selama 4 tahun terakhir, pada setiap tahunnya kami mengadakan kegiatan acara 17-an, belum pernah ada sekalipun sumbangsih support moril maupun materiil dari instansi pemerintahan,” lanjut bang Awi.

“Semuanya kami kelola secara swadaya bersama pak RW, tokoh masyarakat, warga sekitar dan (organisasi) Remaja Sebelas Satu. Semoga kedepannya pemerintah yang sedang menjabat agar bisa lebih bijaksana guna memberikan perhatian terhadap warga kami, khususnya anak RSS yang ide-idenya sangat kreatif, inovatif dan imajinatif untuk dapat dibina dan disalurkan,” tegas ketua RT itu.

Pernyataan tersebut diamini oleh Seprijal, ketua panitia lomba. “Semua kegiatan acara ini terselenggara karena niat dan gotong royong seluruh warga masyarakat RT 11 RW01, contoh seperti biaya operasional seluruh kegiatan lomba-lomba yang ada di lingkungan kita ini,” tambahnya. (Rully-Indra)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*