Terkuak, Penipuan Oknum PNS Berkedok Pengurusan IMB

Ketua LSM PAR, Hotman Idris memperlihatkan surat penerimaan laporan kepolisian (dok. KM)
Ketua LSM PAR, Hotman Idris memperlihatkan surat penerimaan laporan kepolisian (dok. KM)

BOGOR (KM) – Tugas pokok dan fungsi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menegakkan peraturan daerah sudah tepat, termasuk diantaranya menertibkan bangunan liar serta membongkar bangunan yang tidak memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun pada Kamis 16 Juni 2016 silam, terkuak praktek mencari keuntungan oleh oknum PNS dengan dalih mengurus perizinannya.

Ketua umum LSM Pengembangan Aspirasi Rakyat (PAR), Hotman Idris, mendampingi dan mengawal korban penipuan oleh oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Korban tersebut tidak terima bangunannya dibongkar dan melaporkan ke kepolisian sektor Cibinong.

Hotman menunjukan surat tanda penerimaan laporan (No.pol : STPL /713/VIII/2016/sektor) dan surat kuasa mendampingi pelaporan tersebut, memperlihatkan bukti bahwa korban berinisial BP telah melakukan tiga kali transaksi di tahun 2015, didampingi dua saksi berinisial SU dan AD, untuk pembuatan dan pembayaran, tiga lembar kwitansi diantaranya bermaterai, pembayaran total Rp 14.500.000,- yang telah dibayarkan kepada oknum MS.

Advertisement

“Menurut keterangan korban, oknum PNS tersebut menjanjikan bahwa akan mengurus surat IMB nya, bahkan korban meminta izin akan mendirikan bangunan, oknum PNS tersebut menjanjikan paling lambat 3 bulan IMB selesai dan mengatakan ‘silahkan dibangun nanti saya bertanggung jawab,’ dan ternyata dibongkar Satpol PP di tanah hak milik korban,” terang Hotman kepada KM, Selasa 22/8.

Lanjutnya, “Oknum PNS yang telah merugikan korban, harus bertanggung jawab dengan perbuatannya, agar segera dipecat dari pegawai negeri sipil, dan diminta kepada kepolisian bertindak tegas dan cepat, agar segera ditangkap dan dipenjarakan karena sudah melanggar Pasal 378 penipuan dan pasal 372 penggelapan KUHP,” tegas Hotman. (Tengku Yusrizal)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*