SMA Swadhipa Natar Lampung, Ukir Prestasi dari Kedisiplinan

Dra. Hj Nurpuri, Kepsek SMA Swadhipa bersama wakilnya dan humas kesiswaan (dok. KM)
Dra. Hj Nurpuri, Kepsek SMA Swadhipa bersama wakilnya dan humas kesiswaan (dok. KM)

LAMPUNG SELATAN (KM) – SMA Swadaya Himpunan Pemuda (Swadhipa) yang terletak di Jl. Swadhipa No.217 Bumisari kecamatan Natar Lampung Selatan  mengadakan peringatan HUT RI ke-71 pada Sabtu 19/8 lalu. Menurut kepala sekolah Dra. Nurpuri, SMA ini setiap tahun melaksanakan kegiatan HUT RI dengan berbagai jenis lomba. “Tidak hanya itu, sekolah ini semua siswanya wajib ikut serta dalam perlombaan yang diadakan pihak sekolah sebagai partisipasi siswa dan semuanya gratis,” kata Nurpuri.

Selain perlombaan yang diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, sekolah tersebut juga mengembangkan keterampilan dan pribadi siswanya melalui berbagai aktivitas ekstra kurikuler. “Sekolah SMA Swadhipa ini mengadakan kegiatan yang bersifat Team Work seperti sepakbola, bola voli, basket, bulu tangkis, futsal, taekwondo, karate, Pramuka, Rohis, PMR, Satgas Narkoba, English Club, Vocal group, Band, Drum band dan seni tari. (Kami mengadakan juga) training centre guna hadapi Olympiade Matematika Fisika Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Teknik ilmu Komputer,” terang Wakil Kepsek bidang Humas, Siti Maryatun.

Namun di sisi lain, SMA Swadhipa juga menegakkan kedisiplinan kepada para siswanya. “Saya dan teman-teman pernah terlambat datang ke sekolah, diberikan hukuman menyapu sekolah. Ada juga yang disuruh ngepel lantai sekolah. Pihak sekolah tidak pernah memberi hukuman dengan menyakiti fisik,” ujar salah satu siswa SMA Swadhipa.

Advertisement

Dirinya juga mengakui menerima bahwa hukuman tersebut “sebagai sanksi agar bisa hidup disiplin lagi”.

Dari penanaman sikap disiplin serta aktivitas yang mengembangkan diri itu, para siswa SMA tersebut membuktikan bahwa upaya yang dilakukan pihak sekolah efektif dalam meningkatkan prestasi mereka.

“Sekolah ini semenjak dipimpin oleh Dra. Nurpuri kerap para siswa-siswinya menorehkan prestasi baik di bidang akademik maupun kegiatan olehraga. Tahun ini dari Taekwondo siswa kami sedang mengikuti turnamen di Jambi, tingkat nasional. Mohon doanya agar siswa kita dapat juara 1,” ucap Sri, Wakepsek bidang kesiswaan.

“Di tahun 2015 siswi kelas X IPA, Winda Camelia Yunizar meraih juara 1 Turnamen Taekwondo tingkat Nasional Delta cup untuk kelas 55 kg. Untuk prestasi akademiknya ada 13 siswa yang berprestasi mengikuti lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional -red) dan O2SN (Olimpiade Olahraga Seni Nasional -red) baik tingkat kabupaten, propinsi, dan Nasional,” pungkasnya. (Gie/Arnadi)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*