Bongkar Sindikat Narkoba, “Penegak Hukum Harus Fokuskan Pencucian Uangnya”

Diskusi bertajuk
Diskusi bertajuk "Membongkar Alur Uang Narkoba" di Jakarta, 14/8 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Makin berkembangnya kasus-kasus narkoba di negeri ini semakin membuka mata masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati dalam melangkah jangan sampai virus narkoba menghinggapi kehidupan.

Dengan ditangkapnya para bandar narkoba bahkan sampai pada hukuman mati, mungkin kita bertanya-tanya, darimanakah sumber uang yang diperoleh para bandar-bandar narkoba ini. Dalam kesempatan diskusi publik bersama dosen TPPU Trisakti Yenti Ganarsih, disampaikan bahwa kejahatan narkoba yang dilakukan oleh Fredy Budiman, “yang telah kita ketahui bersama orangnya sudah tidak ada, tapi para penegak hukum baik dari kepolisian, jaksa, hakim serta BNN harus memfokuskan pada money laundering (pencucian uang -red) nya, sehingga aliran dananya larinya kemana harus diusut tuntas.”

“Marilah kita buktikan dan keadaan sekarang ini jadikanlah titik kulminasi bagi Indonesia untuk menangani narkotika, bukan saja dengan Undang-undang Narkotika dan puas dengan pidana matinya saja tetapi yang penting adalah bagaimana menerapkan TPPU sehingga para bandar narkotika itu tidak bisa lagi mengembangkan bisnis narkotikanya. Ini yang paling penting, dan harus dilihat bagaimana pelaku narkotika itu tidak terlalu menghiraukan bagian dari jaringannya yang tertangkap? Tidak. Mereka sangat waspada, sangat care tentang hasil-hasilnya ada dimana.”

“Jangan-jangan kalau seperti ini keadaannya, uang-uang yang bersangkutan pun sudah beralih kepada sindikat yang lain, dan mengembangkan bisnis narkotikanya di negara Indonesia tercinta ini,” kata Yenti. (Indra Falmigo-Ruly)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*