Festival Kuliner Bogor Sepi Pengunjung

Bupati Bogor Nurhayanti di Festival Kuliner Bogor 2016, Cibinong (dok. kM)
Bupati Bogor Nurhayanti di Festival Kuliner Bogor 2016, Cibinong (dok. kM)

BOGOR (KM) – Pemerintah kabupaten Bogor mengadakan Festival Kuliner Bogor yang diikuti oleh kecamatan, 10 Perwakilan Provinsi, 10 Perwakilan umum dan 10 PHRI, bertempat di halaman gedung kesenian Cibinong, Jl. Tegar Beriman.

Beraneka ragam makanan disajikan oleh para peserta kompetisi untuk meramaikan kegiatan tahunan ini yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata kabupaten Bogor.

Namun sayangnya pengunjung yang hadir dalam festival makan Bogor hanya dihadiri oleh Pegawai Negeri Sipil dan tidak terlihat antusias warga dalam acara itu, khususnya warga Cibinong selaku tuan rumah.

Makanan yang diperlombakan dalam festival selain sehat juga tidak bercampur dengan bahan pengawet sekaligus sebagai ciri khas dari kabupaten Bogor.

Acara tahunan yang diselenggarakan itu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan makanan-makanan tradisonal di kabupaten Bogor yang mulai hilang dari peredaran karena tergusur oleh makanan dari luar.

Bupati Bogor Nurhayanti mengungkapkan bahwa kesempatan ini dimanfaatkan “untuk meningkatkan kreafitas para pecinta kuliner dan mengenalkan kuliner asli kabupaten Bogor.”

Advertisement

“Setiap tahun ada perkembangan dan Bogor terkenal dari kulinernya dan memberikan apresiasi kepada dinas pariwisata selaku penyelenggara kegiatan,” ucapnya, Rabu (10/8).

Nurhayanti juga meminta para pelaku usaha kuliner untuk menggunakan bahan olahannya dari hasil pertanian dan perkebunan di Bumi Tegar Beriman seperti talas, ubi dan singkong.

“Wisata kuliner ini  harus jadi ikon di kabupaten Bogor,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kadisbudpar Pemkab Bogor Rahmad Surdjana menambahkan, produk kuliner yang sudah masuk di Usaha Kecil Menangah (UKM) khas Bogor beragam lebih dari 50 jenis produk makanan dan minuman, seperti minuman olahan pala, olahan jahe merah, kue tradisional Bogor, talas lapis dan lain-lain.

“Kami berharap kuliner Bogor ini semakin dikenal hingga internasional,” tutupnya. (ids)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*