Penambang Nanggung Harap APRI dapat Lindungi Mereka dari Aparat

Pengurus APRI Bogor yang dilantik pada Sabtu 2/7 (dok. KM)
Pengurus APRI Bogor yang dilantik pada Sabtu 2/7 (dok. KM)

NANGGUNG, BOGOR (KM) – Masyarakat Nanggung, khususnya para pelaku tambang, antusias dan menyambut baik keberadaan Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI). Mereka optimis APRI bisa mengakomodir dan memberikan solusi permasalahan yang selama ini mengintimidasi dan mengkriminalisasi mereka oleh para oknum penegak hukum.

APRI sendiri muncul pasca kejadian penertiban tambang liar oleh penegak hukum, yang menjadi derita bagi para penambang akibat reaksi dan aksi penghancuran tambang-tambang yang menjadi sumber mata pencaharian hidup mereka tanpa memberikan solusi. Dengan adanya APRI, para penambang dapat dilindungi oleh Undang-undang Minerba yang berlaku, sehingga para penambang tidak di katakan penbang ilegal.

“Dengan terbentuknya APRI, izin penambangan sudah ada, sehingga mudah untuk penambangan tidak tumpang tindih, mana lokasi yang di isinkan pemerintah dan mana yang dilarang. Jangan sampai rakyat yang jadi korban, di kejar-kejar dan di intimidasi oleh oknum-oknum aparat yang tidak bertanggung jawab. Kedepannya, penambang akan jauh lebih baik,” kata Ketua DPC APRI Bogor H. Ujang Ghojali kepada Kupas Merdeka.

Ia mengatakan, dalam jangka pendek APRI akan berupaya agar rakyat bisa mempunyai lokasi penambangan yang aman, tidak di kriminalisasi terkait tambang rakyat, sehingga masyarakat mempunyai kenyamanan dan ketenangan untuk berusaha, “karena tambang rakyat sumber mata pencaharian hak hidup masyarakat yang seharusnya Pemerintah membina bukan membinasakan.”

Advertisement

“Antam sendiri yang merupakan perusahaan BUMN, punya tugas untuk pengembangan dan pembinaan masyarakat, tapi mungkin formulanya belum ketemu, sehingga dengan adanya APRI komunikasi baik akan ketemu formulasi yang bagus bagaimana Antam beroperasi dengan baik, masyarakat bisa menambang dengan baik, ada sinkronisasi tidak ada dikotomi yang mengakibatkan konflik, itulah tantangan yang akan di selesaikan dengan adanya APRI,” kata Ketua Umum APRI, Gatot.

APRI mengajak masyarakat yang menambang memiliki legalitas sehingga tidak berurusan dengan hukum, memikirkan kehidupan rakyat dan memajukan Negara.

“Kami optimis dengan tambang rakyat yang dilegalkan Negara, akan bertambahnya pendapatan Negara dan rakyat tentunya, kami selalu siap diatur oleh hukum karena kami taat hukum, menghormati Undang-undang Minerba yang mengatur, sehingga nanti ada satu peraturan yang adil tidak berpihak pada salah satu pihak,” kata Willy, Bendahara Umum APRI Bogor. (Dian Pribadi/Tri Denggan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*