Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Pasar Parung dan Ciseeng Melonjak Tajam

Penjual daging sapi di pasar (dok. Tempo)
Penjual daging sapi di pasar (dok. Tempo)

PARUNG, BOGOR (KM) – Menjelang lebaran, harga daging sapi di Pasar Parung dan Ciseeng melonjak tajam. Harga daging sapi hari ini terpantau sebesar Rp 150.000/kg atau naik Rp 40.000/kg dari sebelumnya Rp 110.000/kg, Selasa (5/7) pagi.

Melonjaknya harga daging Sapi di daerah ini terjadi karena tingginya permintaan dari masyarakat yang akan menggelar hajatan hari raya Idul Fitri.

“Biasa pak, setiap menjelang lebaran semua barang naik, termasuk harga daging sapi karena banyak permintaan dari masyarakat sekitar untuk kebutuhan lebaran,” kata Basri (39), seorang pedagang daging sapi.

Ia mengatakan, sejak sepekan ini omzet penjualan daging sapi meningkat 50 persen dari biasanya. Hal ini terjadi karena permintaan barang tersebut dari masyarakat meningkat tajam dibanding hari biasanya.

“Alhamdullilah saya sekarang ini penjualan daging sapi meningkat dari hari biasanya. Tapi, hal ini hanya sesaat saja menjelang puasa dan hari raya besar umat Islam,” ujarnya.

Sementara itu pembeli daging sapi di pasar Parung, Mimin (40) warga Kampung Jampang, Kecamatan Kemang Bogor, mengatakan meskipun harga daging naiknya tinggi tetap ia beli karena untuk keperluan hari raya Lebaran.

Advertisement

“Yah mau gimana lagi, udah gak bisa di tawar lagi kalau menjelang lebaran ini karena ini (daging sapi) juga kebutuhan,” ungkapnya.

Hal serupa di katakan oleh Neneng, warga Ciseeng yang mengatakan di Pasar Ciseeng, harga daging lebih murah sebanyak Rp 10.000 dari harga di pasar Parung.

“Kalau di pasar Ciseeng itu Rp 140.000/ kg. Sedangkan di pasar Parung Rp 150.000/ kg.  Meskipun harga daging sekarang ini mahal karena kan daging kebutuhan wajib untuk buat rendang,” katanya.

Naiknya harga daging sapi tidak sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta harga daging sapi terus ditekan hingga di bawah Rp 80.000/kilogram (kg). Tujuannya, dengan harga yang terjangkau, maka masyarakat lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan daging, terutama saat hari raya seperti Ramadan dan Idul Fitri.

Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi pembibitan sapi milik PT Karya Anugerah Rumpin (KAR) di kecamatan Rumpin, kabupaten Bogor, Selasa (21/06).

“Saya sampaikan bolak-balik, kalau di negara lain harga daging Rp 55.000 – Rp 60.000/kg, itu bukan cerita. Saya dapat informasi langsung, ada,” ujar Jokowi. (irfan)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*