SDN Tugu 5 Salurkan Zakat Kepada Siswa dan Anak Yatim dan Tidak Mampu

Maryanti, kepsek SDN Tugu 5 (kanan) bersama guru dan siswa penerima zakat. (dok. KM)
Maryanti, kepsek SDN Tugu 5 (kanan) bersama guru dan siswa penerima zakat. (dok. KM)

DEPOK (KM) – Bukan hanya kegiatan pesantren kilat yang dilakukan oleh SDN Tugu 5, tapi sekolah itu juga menyalurkan Zakat sebagai kegiatan untuk mengasah kepekaan dan kepedulian sosial terhadap kaum yang tidak mampu supaya siswa pun bisa ikut dapat merasakanya. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah Maryanti, S.Pd.

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh pihak sekolah setiap bulan Ramadhan tiba. Untuk Ramadhan tahun ini ada 42 siswa fakir miskin dan yatim dari siswa SDN Tugu 5 maupun lingkungan sekitar yang menerima pembagian Zakat ini, yang dibagikan dalam bentuk uang.

Saat wartawan Kupas Merdeka menanyakan seperti apa pengumpulan dana zakat yang dilakukan pihak sekolah, Maryanti menuturkan bahwa pihaknya hanya memberikan surat edaran kepada wali murid yang menganjurkan  agar putra-putrinya membayar zakat di sekolah. Bukan hanya itu, para guru pun juga ikut bayar zakat di sekolah, “karena kita pun juga rutin menyalurkannya kepada siswa yang masuk kategori yatim, dhuafa. Bahkan bukan hanya siswa sekolah Tugu 5 saja yang kita berikan, rutin lingkungan sekitar sekolah pun jika ada yang masuk kategori tersebut juga kita berikan, utamakan orang tua jompo yang dhuafa.”

Advertisement

“Saya ikut senang sekolah bisa ada kegiatan ini, karena siswa bisa bertambah lagi mendalam ilmu agamanya juga sering kali dia selalu minta uang ke saya kalo pas ada pengemis yang dateng ke rumah dan segera memberinya, artinya sanlat dan kegiatan ini ada imbas positif ke anak saya,” ungkap Srie, salah satu wali murid kelas 3.
(Lie/Gie)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*