Pemdes Cigombong Titik Beratkan Pembangunan Infrastuktur Jalan

Kades Cigombong dan sejumlah warga bekerja dalam betonisasi jalan di Desa Cigombong, Kab. Bogor dok. KM)
Kades Cigombong dan sejumlah warga bekerja dalam betonisasi jalan di Desa Cigombong, Kab. Bogor dok. KM)

BOGOR (KM) – Realisasi Dana Desa (DD) tahap pertama Tahun Anggaran (TA) 2016 di Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dikonsentrasikan sebanyak 70 persen pada pembangunan infrastruktur jalan dan 30 persen pada pemberdayaan masyarakat. Hal itu dijelaskan Kepala Desa Cigombong Ujang Saepuloh, saat ditemui KM di sela kegiatan betonisasi jalan di Kampung Bata Alam Cigombong, Selasa (22/6/2016) malam lalu.

Ujang menjelaskan, saat ini pemerintahnya bersama masyarakat tengah melaksanakan betonisasi jalan desa di wilayah RW 2 Bata Alam yang meliputi wilayah RT 5, 7, 16, 17 dan 18, dengan volume pekerjaan sepanjang 450 meter x 3 meter, yang menelan dana sekitar 200 juta rupiah. Betonisasi jalan ini melibatkan peran serta aktif dari masyarakat sekitar, dibantu dengan alat berat kendaraan cor beton (molen). Menurut Kades, hal itu dilakukan demi memaksimalkan hasil pekerjaan dan mengoptimalkan waktu pekerjaan. Selain itu, lanjut Kades, kegiatan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan betonisasi dua titik jalan lingkungan di Kampung Kongsi RT 12 RW 4, dengan masing-masing volume pekerjaan sepanjang 75 meter x 3 meter dan 60 meter x 3 meter.

Advertisement

“Kegiatan kami laksanakan secara bertahap. Tahap pertama di bulan ramadhan ini, kami laksanakan betonisasi jalan di bata alam. Mengingat keterbatasan waktu dan tenaga kerja, kegiatan lainnya akan kami mulai setelah idul fitri,” jelasnya.

Ujang menambahkan, di tahap kedua pencairan DD nanti, kegiatan dititik beratkan pada sektor pendidikan yakni pembangunan sarana bagi Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). “Rencananya kami akan mendirikan bangunan untuk Paud di dua titik. Kegiatan lainnya sesuai dengan komposisi sasaran program, 30 persen untuk pemberdayaan masyarakat,” tandasnya. (Raden)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*